.

BAB 8 Penghematan Energi


BAB 8
PENGHEMATAN ENERGI


Tujuan Pembelajaran
1. Memahami kegunaan energi listrik dan penghematan dalam kehidupan sehari-hari
2. membuat satu karya yang menggunakan energi listrik.

lampu di jalan raya sangat penting bagi penerangan jalan. pada malam hari, kamu dapat berkendaraan dengan aman karena ada penerangan jalan. penerangan jalan berupa lampu listrik. Energi listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Bagaimana kegunaan energi listrik dan penghematannya dalam kehidupan sehari-hari? Ayo simak dalam pembalajaran berikut ini.








     Energi listrik merupakan energi yang dihasilkan oleh sumber listrik. Sumber listrik adalah suatu benda yang dapat di hasilkan arus listrik.
Sumber listrik dapat dibedakan menjadi :
1. Sumber listrik tenaga kimia. Contohnya : bantray dan accu
2. Sumber listrik dengan menggunakan magnet. contohnya
 a. Generator
 b. Dinamo speda, motor, dan mobil
 c. Turbin PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
 d. PLTU ( Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
 e. PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
 f. PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)

1. Manfaat Energi Listrik dalam kehidupan sehari-hari
 kalian tidak dapat beraktifitas apabila lampu di rumah padam pada malam hari. Kemacatan lalu lintas akan sering terjadi jika di jalan tidak ada penerangan. Manfaat sumber tenaga listrik dalam kehidupan sehari-hari,
Meliputi

 a. Sumber penerangan Rumah

Di waktu malam hari, kamu tidak dapat beraktivitas tanpa alat penerangan. kalian dapat belajar dengan nyaman karena adanya penerangan yang cukup. pada saat tidur pun kalian masih membutuhkan penerangan lampu.
alat penerangan dapat berupa lampu, senter, lilin, dan sebagainya. Lampu merupakan alat penerangan yang paling sering digunakan. lampu dapat berfungsi jika ada energi listrik







b. Sumber Listrik untuk berbagai kegiatan
 Berbagai peralatan rumah tangga banyak yang menggunakan energi listrik. Coba kalian buka kembali bab 7. peralatan listrik dapat memudahkan dan meringankan pekerjaan sehari-hari.

Peralatan listrik tidak hanya dipakai pada siang hari, namun hampir setiap saat. Hampir semua bidang pekerjaan memerlukan energi listrik. Energi listrik digunakan untuk alat elektronik dalam bidang kedokteran, transportasi, perindustrian, dan lain-lain.



            Oprasi dapat berjalan dengan baik jika ada energi listrik. Operasi dapat berjalan dengan baik jika ada energi listrik. Lampu lalu lintas dapat menyala jika ada energi listrik. Jika lampu lalu lintas menyala, tranportasi dapat berjalan lancar. Selain itu, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dapat dihindari sebisa mungkin. Peralatan elektronik di rumahmu, seperti radio, TV, kulkas dapat digunakan jika ada energi listrik.

2. Penghematan Energi Listrik
Kebutuhan energi kita terus meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri dan ekonomi. Terlebih lagi kebutuhan energi listrik . Saat ini, penyaluran listrik telah meluas ke daerah-daerah terpencil. Namun, pasokan listrik yang tersedia belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, kita harus melakukan penghematan energi listrik.
Kamu tentu masih ingat iklan yang sering muncul di berbagai media. Kurangi penggunaan listrik mulai pukul 17.00-22.00. Karena penggunaan listrik paling tinggi terjadi mulai pukul 5 sore hingga 10 malam. Saat ini, pemerintah sedang berusaha melakukan pemerataan listrik ke seluruh pelosok Indonesia. Kita dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan penghematan penggunaan listrik. Penggunaan listrik sesuai kebutuhan juga berarti menghemat biaya rekening listrik setiap bulannya.
Hal lain dalam menghemat energi yang dapat kamu lakukan misanya, saat kamu tidur dapat mematikan lampu kamarmu. Jangan menyalakan lampu di siang hari. Jika keluargamu menggunakan pompa air listrik, penuhilah bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu. Misal setiap pagi hari saja. Karena di setiap pertama kali pompa air hidup akan memakan daya yang sangat besar
listrik. Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakaian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.
Usahakan menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang hemat listrik. Jangan selalu memanjakan tubuhmu dan keluargamu dengan berkendara setiap keluar rumah. Jika tempatnya benar-benar jauh boleh saja kamu dan keluargamu menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat, misalnya lima atau sepuluh menit perjalanan, lebih baik jalan kaki. Sekalian berolahraga bukan?

Banyak peralatan yang dibuat memanfaatkankan energi listrik. Mulai dari yang paling sederhana hingga paling rumit, semua memanfaatkan energi listrik. Apa manfaat dari peralatan-peralatan tersebut? Kamu dapat mempelajarinya di bawah ini?
1.      Jenis dan Manfaat Alat-alat yang Menggunakan Energi Listrik
Manfaat alat-alat yang menggunakan energi listrik bagi kehidupan, antara lain:

a. Bel listrik

Bel listrik dipasang di pintu rumah atau pintu gerbang. Fungsinya untuk mengetahui adanya tamu, sebagai tanda masuk, dan istirahat di sekolah.

b. Alarm

Alarm dipasang di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan penyimpanan barang-barang berharga. Fungsinyauntuk mengetahui adanya bahaya, seperti pencurian, kebakaran, dan lain-lain.

c. Kipas angin

Kipas angin dapat berputar karena ada energi listrik. Kipas angin berfungsi untuk membuat angin buatan, sehingga ruangan menjadi sejuk.

d. Televisi dan radio

Televisi dan radio merupakan sumber informasi dan hiburan. Televisi dan radio dapat berfungsi karena ada energi listrik yang mengalirinya. Listrik memberikan tenaga untuk menghidupkan televisi dan radio.

e. Kulkas

Kulkas berfungsi untuk menyegarkan dan mengawetkan makanan. Kulkas lebih dikenal dengan istilah lemari es. Selain contoh di atas, masih banyak alat-alat yang kerjanya menggunakan energi listrik. Misalnya AC, mesin cuci, mesin fotokopi, komputer, dan lain-lain.

2.      Membuat Karya Sederhana yang Menggunakan Energi Listrik
Pernahkah kamu membuat suatu alat yang menggunakan energi listrik. Alat sederhana yang dapat kamu buat misalnya model lampu lalu lintas. Bagaimana cara membuatnya? Coba lakukan kegiatan di bawah ini.
Tujuan : membuat kreasi lampu dinding Alat dan bahan :
1. Bohlam warna merah, hijau, dan kuning
2. Dudukan bohlam
3. Triplek dengan ketebalan +_ 0,5 cm
4. Kabel
5. Batu baterai 3 buah
6. Isolasi
7. Paku
8. Gergaji kecil

Cara kerja :
1. Pasang bohlam pada dudukannya dan tempelkan pada kayu sebagai alas.
2. Buat kotak dari triplek, lubangi bagian depannya seukuran bola lampu menggunakan                             gergaji kecil.
3. Pasang kabel pada lampu secara pararel.
4. Tempelkan lampu pada kotak dengan menggunakan paku.
5. Hubungkan ketiga lampu dengan isolasi dan batu baterai.
Perhatikan gambar di bawah ini.




SEKILAS INFO
Kemajuan teknologi sekarang telah berhasil menciptakan karya baru. Karya baru tersebut adalah mobil yang memanfaatkan tenaga listrik.
Dengan adanya tenaga listrik, mobil tidak membutuhkan bahan bakar bensin. Di dalam mobil terdapat baterai yang menyediakan tenaga listrik untuk mesin. Baterai merupakan salah satu sumber tenaga listrik yang dapat diisi ulang. Artinya, jika bahan kimia yang ada di dalam baterai habis dapat diganti. Caranya dengan mengalirkan listrik melewati baterai tersebut. Baterai inilah yang digunakan untuk menghidupkan mesin.





RANGKUMAN

   1.      Energi listrik merupakan energi yang dihasilkan oleh sumber listrik.
2.      Sumber listrik ada dua, yaitu:
A.    sumber listrik tenaga kimia
B.     sumber listrik dengan menggunakan magnet
3.      Manfaat sumber listrik, antara lain:
a.       sumber penerangan rumah
b.      sumber listrik untuk berbagai kegiatan industri
4.      Penghematan listrik merupakan wujud kepedulian dan kedisplinan diri.
5.      Tindakan penghematan listrik dapat dimulai dari diri sendiri.
6.      Jenis alat-alat yang menggunakan energi listrik, antara lain:
a.       bel listrik
b.      alarm
c.       kipas angin
d.      televisi
e.       kulkas
7.      Karya yang sederhana yang menggunakan listrik, antara lain:
a.       model lampu lalu lintas
b.      bel listrik
c.       adaptor



REFLEKSI
Listrik sangat penting bagi kehidupan kita. Dalam penggunaannya, kita harus dapat menghemat energi listrik. Tindakan penghematan merupakan salah satu bentuk kepedulian agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan listrik.



Kerjakan di buku latihanmu.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d yang kamu
anggap paling tepat.
1. Contoh sumber listrik tenaga kimia adalah ….
a. generator
b. dinamo sepeda
c. baterai
d. turbin PLTA
2. Perusahaan yang menangani listrik adalah ….
a. PDAM
b. PLN
c. PLTN
d. PLTA
3. Penggunaan listrik paling tinggi terjadi pada pukul ….
a. 07.00-12.00
b. 15.00-20.00
c. 22.00-03.00
d. 17.00-22.00
4. Salah satu bentuk tindakan penghemat listrik yang dapat dilakukan
dengan ….
a. mematikan semua peralatan listrik
b. tidur dalam keadaan gelap
c. tidak menonton televisi
d. memakai lampu hemat listrik
5. Peralatan listrik yang digunakan untuk tanda peringatan adalah …
a. alarm
b. dinamo
c. adaptor
d. dioda
6. Jenis peralatan listrik yang berguna untuk penyampaian informasi
kepada masyarakat secara visual adalah ….
a. radio
b. televisi
c. kulkas
d. adaptor
7. Di bawah ini mana peralatan yang dapat digunakan dengan energi listrik
adalah ….
a. traktor
b. pengungkit
c. adaptor
d. dioda
8. Alat yang digunakan untuk menguji peralatan listrik adalah ….
a. altimeter
b. termometer
c. multimeter
d. barometer
9. Karya sederhana yang menggunakan energi listrik contohnya….
a. magnet
b. kulkas
c. televisi
d. model lampu lalu lintas
10. Pengujian peralatan listrik dapat dilakukan dengan ….
a. dioda
b. adaptor
c. bola lampu
d. resistor

II. Isilah dengan jawaban singkat.
1. Energi listrik merupakan salah satu energi yang dihasilkan oleh ….
2. Perusahaan yang menangani listrik adalah ….
3. Penggunaan listrik yang paling tinggi terjadi pada pukul ….
4. Alat yang digunakan untuk menguji karya sederhana dapat
digunakan atau tidak adalah ….
5. Sumber listrik dengan menggunakan tenaga kimia contohnya ....
III. Jawablah.
1. Tuliskan manfaat sumber listrik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Tuliskan contoh tindakan menghemat penggunaan listrik.
3. Tuliskan contoh alat yang menggunakan energi listrik.
4. Tuliskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat model
lampu lalu lintas.


0 Response to "BAB 8 Penghematan Energi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel