.

BAB 9 Tata Surya (sd kelas 6 semester 1)


BAB 9

TATA SURYA


Tujuan Pembelajaran :
1.      menceritakan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
2.      memahami pristiwa rotasi, revolusi bumi, dan revolusi bulan
3.      menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
4.      menjelaskan perhitungan kalender masehi dan kalender hijriah
                                                               Sumber: www.enterprisemission
                                                            Gambar. 9.1 Galaksi Bima Sakti

pada suatu malam hari, benda-benda langit tampak cerah, benda-benda itu adalah penyusun tata surya misalnya bumi,bulan, dan matahari yang mengalami putaran. tahukah kalian bagaimana sistem tata surya dan penyusunnya? Ayo, temukan jawabannya melalui bab ini







1.      Pusat Tata Surya
Tata surya adalah kumpulan dari matahari, planet dan benda langit lainya. sekumpulan tata surya beredar mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Lintasan peredaran benda-benda langit berbentuk elips. ilmu yang mempelajari tentang tata surya di sebut ilmu astromi. Jarak matahari ke bumi yaitu 500 detik cahaya (kurang lebih 150 Juta km). jari jari matahari adalah sebesar 109 x jari jari bumi (jari-jari bumi adalah 6.373 km)
Cahaya matahari yang bening sebenarnya terdiri dari beberapa warna. Cahaya matahari meliputi warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (mejikuhibiniu). Uraian warna ini dinamakan spektrum warna. Cahaya yang dipancarkan matahari berasal dari energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir. Reaksi ini menggabungkan atom-atom hidrogen menjadi atom helium (reaksi fusi). Matahari terdiri dari gas hidrogen

Sumber: www.mreclipse.com
Gambar. 9.2 Lapisan-lapisan matahari


Susunan lapisan matahari, meliputi:
- Fotosfer adalah lapisan cahaya yang putih merah yang menyelubungi permukaan matahari.
- Kromosfer adalah selubung gas berwarna kemerah-merahan.
- Korona adalah lapisan terluar matahari yang berwarna putih. Dapat dilihat pada saat gerhana matahari.

2. Penyusun Tata Surya
Penyusun tata surya meliputi matahari, planet-planet, bintang, dan satelit. Planet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Lintasan planet berbentuk ellips. Lintasan ini disebut orbit. Planet tidak mempunyai cahaya sendiri tetapi memantulkan cahaya bintang. Ada 8 planet yang kita kenal saat ini. Kedelapan planet tersebut yaitu: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Dulu kita mengenal planet kesembilan yaitu Pluto. Tetapi berdasarkan kesepakatan para ilmuwan, Pluto tidak termasuk planet.
Pluto memiliki orbit memanjang yang aneh. Pluto memiliki perilaku yang lebih mirip objek Sabuk Kuiper dibanding sebuah planet. Sabuk Kuiper adalah bagian dari objek Trans-Neptunus. Orbit Pluto terhadap matahari juga yangterlalu melengkung dibandingkan delapan planet lainnya. Pluto berukuran sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bulan. Beberapa astronom menyarankan International Union- sebuah badan yang
mengurusi penamaan dan penggolongan benda langit agar tidak memasukkan Pluto ke dalam planet. Namun, beberapa astronom tetap ingin memasukkan Pluto sebagai planet. Alasannya, Pluto memiliki bentuk bundar seperti planet. Berbeda dengan komet dan asteroid yang bentuknya cenderung tak beraturan. Pluto juga mempunyai atmosfer
dan musim layaknya planet.
planet yang garis edarnya berada di dalam garis edar bumi disebut planet dalam. Planet dalam meliputi Merkurius dan Venus. Planetplanet yang garis edarnya di luar garis edar bumi disebut planet luar. Planet luar meliputi Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Sumber: www.thejubileeacademy.org
Gambar. 9.3 Matahari dan delapan planet yang melindungi

Kedelapan planet di atas berputar mengelilingi matahari. Perputaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Lamanya waktu yang diperlukan sebuah planet untuk sekali revolusi disebut kala revolusi. Selain mengelilingi matahari, planet-planet juga berputar pada porosnya. Perputaran planet pada porosnya disebut rotasi. Lamanya waktu yang diperlukan sebuah planet untuk sekali rotasi disebut kala rotasi.
Coba kamu perhatikan kembali gambar di atas. Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Oleh karena itu, Merkurius membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk berevolusi. Setelah Merkurius, ada planet Venus yang dikenal sebagai bintang kejora. Planet bumi adalah planet ketiga dihitung dari matahari. Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan. Venus adalah planet keempat. Venus tampak kemerahan, karenanya sering disebut planet merah.
Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Planet Saturnus juga berukuran besar. Planet ini tampak indah karena cincin yang sangat terang yang mengitarinya. Planet terjauh dari matahari adalah Neptunus. Oleh karena ini planet ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama untuk berevolusi. Untuk mempelajari ciri-ciri planet, pelajari tabel berikut ini.




       Selain planet terdapat benda-benda langit yang lain. Benda-benda
langit tersebut, meliputi:
a.       Satelit
Satelit merupakan benda-benda langit yang bergerak mengelilingi planet. Satelit memantulkan cahaya bintang. Contoh: bulan, satelit buatan, dan lain-lain.
b.      Asteroid
Asteroid merupakan planet-planet kecil bergaris tengah antara 5-400 km. Asteroid beredar antara lintasan Mars dan Jupiter. Beberapa asteroid berukuran besar, antara lain Ceres, Pallas, Juno, dan Vesta.
c.       Meteoroid
Meteor yang jatuh dan sampai di permukaan bumi disebut meteorit. Apabila masuk atmosfir bumi, meteoroid akan menyala (terbakar) karena bergesekan dengan udara. Meteoroid yang terbakar di lapisan udara disebut meteor. Meteoroid merupakan benda langit yang mengembara karena tidak memiliki lintasan yang tetap.
d.      Komet
Komet sering disebut bintang berekor. Komet merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan sangat panjang. Komet menyala dan bercahaya. Contoh: Komet Halley yang terlihat dari bumi setiap 76 tahun sekali. Komet Halley pertama kali dicatat dan diamati oleh Edmund Halley pada tahun 1682.




1.      Rotasi dan Revolusi Bumi
Bumi merupakan planet ketiga dalam sistem tata surya bila dihitung dari matahari. Terdapat dua paham yang membahas mengenai pusat tata surya, yaitu:
a.       Paham geosentris : menganggap bahwa bumi adalah pusat peredaran benda   benda langit.
b.      Paham heliosentris : menganggap bahwa matahari adalah pusat peredaran benda-benda langit. Orang yang berhasil membuktikan kebenaran paham heliosentris adalah Nicholas Copernicus (1473-1543).

a.       Rotasi bumi
Rotasi bumi adalah peristiwa bumi berputar pada porosnya. Rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Waktu  rotasi bumi adalah selama 23 jam lebih 56 menit 3 detik (dibulatkan 24 jam). Bumi berputar dari arah barat ke timur. Oleh sebab itu, bagian timur lebih dahulu mengalami siang. Gerakan matahari disebut gerak semu harian. Bagian bumi yang terkena matahari akan mengalami siang. Sedangkan bagian bumi yang tidak terkena matahari akan mengalami malam.
b.      Revolusi bumi

Revolusi bumi adalah peristiwa bumi berputar mengelilingi matahari. Waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi adalah selama 365 ¼ hari (1 tahun). Kemiringan bumi pada saat mengitari matahari adalah sebesar 23,5° dari garis tegak lurus. Revolusi bumi menyebabkan terjadinya perubahan musim di bumi.

1.      Tangggal 22 Maret-21 Juni
Kutub utara bumi akan lebih condong ke matahari, dan mengalami musim semi. Sedangkan kutub selatan bumi menjauh dari matahari dan mengalami musim gugur.
2.      Tanggal 21 Juni-23 September
Dari tanggal 21 juni–23 September, kutub utara bumi akan mulai menjauh dari matahari. Pada saat itu terjadi musim panas. Sedangkan kutub selatan mulai mendekati matahari dan mengalami musim dingin.
3.      Tanggal 23 September-22 Desember
Kutub utara bumi semakin jauh dari matahari dan mengalami musim gugur. Sedangkan kutub selatan bumi makin condong ke matahari. Pada saat itu kutub selatan mengalami musim semi.
4.      Tanggal 22 Desember-21 Maret
Dari tanggal 22 Desember-21 Maret, kutub utara bumi mulai mendekat ke arah matahari. Pada saat itu terjadi musim dingin. Kutub selatan mulai menjauhi matahari dan mengalami musim panas. Proses revolusi ini berlangsung terus sepanjang tahun. Selama berevolusi kedudukan bumi terhadap matahari berubahubah. Titik terdekat bumi dengan matahari disebut perihelium. Sedangkan titik terjauh bumi dengan matahari disebut aphelium.


2.      Revolusi Bulan
Bulan merupakan satelit bumi. Jarak rata-rata bumi ke bulan adalah 380.000 km. Bulan tidak akan mempunyai atmosfir, akibatnya tidak ada kehidupan dan peredaran air. Bunyi tidak dapat merambat karena tidak ada udara. Suhu bulan yang menghadap matahari adalah 110°C. Bagian belakangnya bersuhu -173°C. Gravitasi bulan lebih kurang 1/6 kali gravitasi bumi. Revolusi bulan adalah perputaran bulan mengelilingi bumi. Kala rotasi bulan = kala revolusinya yaitu selama 27,3 hari. Hal ini menyebabkan bagian bulan yang menghadap ke bumi selalu sama. Karena gerakannya, bagian bulan yang memantulkan cahaya ke bumi ukurannya berubah-ubah. Perubahan ukuran bulan 4 faze. Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar.9.5 face kedudukan bulan

Keterangan gambar:
a.       Kedudukan bulan di A
Seluruh permukaan bulan yang menghadap ke bumi tidak mendapat sinar matahari. Hal ini menyebabkan bulan tidak mendapat sinar matahari sehingga bulan tidak tampak. Keadaan ini disebut bulan baru yaitu hari ke-0 dan bulan mati yaitu hari ke-29 ½.
b.      Kedudukan bulan di B
Separuh permukaan bulan yang menghadap ke bumi mendapat cahaya dari matahari. Terjadi pada saat bulan perempat pertama yaitu hari ke-7 ½
c.       Kedudukan bulan di C
Permukaan bulan yang akan  mengarah ke bumi mendapat cahaya matahari. Pada fase ini, ukuran bulan paling besar disebut bulan purnama (bulan penuh). Terjadi pada saat bulan pertengahan yaitu pada hari ke 14 ¾.
d.      Kedudukan bulan di D
Separuh permukaan bulan yang mengarah ke bumi mendapat cahaya dari matahari. Terjadi pada saat bulan perempat ketiga yaitu hari ke-22 ¼.

1.             Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi karena bulan masuk ke daerah bayang-bayang bumi. Dimana bulan, bumi, dan matahari bertepatan pada satu garis lurus. Pada posisi tersebut bulan tertutup oleh bayang-bayang bumi. Bayangbayang bumi dapat dibedakan menjadi bayangan inti (umbra) dan bayangan kabur (penumbra).
Gamabr.9.6 gerhana bulan terjadi karena bulan masuk kedaerah bayang-bayang bumi

Daerah umbra adalah daerah gelap yang dilalui bayangan inti bumi. Sedangkan daerah penumbra adalah daerah agak terang yang dilalui bayangan inti bumi. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam bulan purnama.



Gerhana bulan dibedakan menjadi gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian disebut juga gerhana bulan parsial. Saat terjadi gerhana bulan sebagian, bulan yang seharusnya tampak bulat penuh, hanya tampak s e - b a g i a n . Namun, karena bulan dan bumi berevolusi dan berotasi, maka bulan akan tampak utuh lagi.









Gerhana bulan total terjadi
jika bulan secara penuh masuk
ke dalam umbra. Gerhana
bulan total berlangsung selama
+ 6 jam. Selama + 1 jam 40
menit melintasi daerah umbra,
kemudian + 4 jam 20 menit di
daerah penumbra.








2.      Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi karena cahaya matahari menuju ke bumi terhalang oleh bulan. Bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi. Ketika terjadi gerhana matahari, bulan terletak antara matahari dan bumi. Gerhana matahari terjadi + 7 menit. Gerhana matahari terjadi pada siang hari, yaitu pada fase bulan mati atau bulan baru.



Gerhana matahari dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

a.      Gerhana matahari sebagian
Gerhana matahari sebagian
terjadi jika hanya sebagian
dari matahari tertutup bayangan
bulan. Jika dilihat dari
bumi, matahari tidak terlihat
bulat penuh tetapi, hanya
sebagian. Akibatnya, panas
yang sampai ke bumi juga berkurang.









b. Gerhana matahari total
Gerhana matahari total terjadi
apabila matahari tertutup
semua oleh bayangan bulan.
Gerhana matahari total yang
dapat diamati di Indonesia antara
lain terjadi pada tanggal 11 Juni
1983.








c. Gerhana matahari cincin
Gerhana matahari cincin
terjadi di permukaan bumi yang
terkena bayangan inti. Posisi
bulan berada pada titik terjauh
dari matahari. Pada saat matahari
keluar dari bayangan bulan,
matahari memancarkan cahaya
yang menyilaukan. Cahaya tersebut
terlihat seperti mata cincin
berlian. Oleh karena itu, keadaan
tersebut disebut gerhana
matahari cincin.



Tahun kabisat iyalah  tahun yang dimana jumlah harinya adalah sebesar 366 hari. Pada bulan Februari jumlah harinya 29 hari. Pada tahun kabisat, angka tahunnya habis dibagi 4. Tahun kabisat hanya 1 kali dalam 4 tahun. Cara untuk mengetahui tahun kabisat dapat dilakukan dengan membagi tahun tersebut. Bilangan tahun dibagi dengan angka 4. Contoh: tahun 1980 adalah tahun kabisat karena pada 1980 habis dibagi 4 (1980 : 4 = 495). Sedangkan 1981 bukan tahun kabisat. Karena pada tahun 1981 ini tidak habis dibagi 4 (1981:4 = 495 bersisa 1).


3.      Perhitungan Kalender Hijriah
Perhitungan kalender hijriah berdasarkan perputaran bulan mengelilingi bumi. Kalender hijriah disebut juga kalender komariah. Waktu yang akan diperlukan bulan untuk berevolusi satu kali putaran selama 29 ½ hari. Satu tahun dalam kalender hijriah terbagi menjadi 12 bulan. Yaitu Muharam, Safar, Rabiul awal, Rabiul akhir, Jumadil awal, Jumadil akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Zulkaidah dan Zulhijjah. Kalender hijriah akan lebih cepat 11 hari daripada kalender masehi. Namun, lebih cepat 12 hari daripada tahun kabisat.





Galaksi bima sakti adalah salah satu dari ratusan galaksi di alam semesta. Di galaksi bima sakti terdapat 200-400 milyar bintang. Satu dari sekian milyar bintang yang ada dalam galaksi bima sakti adalah matahari. Matahari dikelilingi planet-planet yang bergerak teratur. Salah satu planet yang mengelilingi matahari adalah planet bumi. Galaksi
bima sakti berbentuk spiral. Tata surya bersama bintang-bintang lain berputar mengelilingi pusat galaksi. Tata surya memerlukan waktu 226 juta tahun untuk sekali putaran. Bima sakti hanyalah satu dari sekian ratus galaksi yang ada di alam semesta.

Rangkuman
1. Sistem tata surya
a. Tata surya adalah suatu kumpulan dari matahari, planet dan benda langit lainnya.
b. Ilmu yang mempelajari tentang tata surya adalah ilmu astronomi
c. Pusat tata surya kita adalah matahari.
d. Planet merupakan suatu benda-benda langit yang bergerak mengelilingi matahari.
e. Planet-planet yang bergaris edarnya di dalam garis edar bumi disebut planet
dalam.
f. Planet-planet yang garis edarnya di luar garis edar bumi disebut planet luar.
g. Benda-benda langit yang lain meliputi satelit, asteroid, meteoroid, dan komet.

2. Peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan
a. Bumi adalah merupakan planet ketiga dalam sistem tata surya
b. Terdapat 2 paham yang membahas mengenai pusat tata surya, yaitu:
1) paham geosentris
2) paham heliosentris
c. Rotasi bumi adalah peristiwa bumi berputar pada porosnya.
d. Revolusi bumi adalah peristiwa bumi berputar mengelilingi matahari.
e. Revolusi bulan adalah perputaran bulan mengelilingi bumi.
3. Gerhana
a. Gerhana bulan terjadi karena bulan masuk ke daerah bayangbayang bumi. Gerhana bulan total dapat berlangsung selama + 6 jam.
b. Gerhana matahari terjadi karena cahaya matahari terhalang oleh bulan.
4. Perhitungan kalender
a. Kalender masehi biasa disebut juga kalender matahari atau kalender syamsiah.
b. Tahun kabisat adalah tahun di mana jumlah harinya 366 hari.
c. Perhitungan kalender hijriah berdasarkan perputaran bulan       mengelilingi bumi.


Kerjakan di buku latihanmu.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang kamu anggap paling tepat.
1. Seputaran dari matahari, planet, dan benda langit lainnya disebut ….
a. galaksi
b. tata surya
c. komet
d. planet
2. Cahaya putih merah yang menyilaukan dan yang  menyelubungi permukaan matahari disebut ….
a. fotosfer
b. kromosfer
c. korona
d. litosfer
3. Lapisan terluar matahari yang berwarna putih disebut ….
a. fotosfer
b. kromosfer
c. korona
d. litosfer
4. Yang bukan termasuk planet adalah ….
a. Mars
b. Jupiter
c. Venus
d. Pluto
5. Yang termasuk planet dalam adalah ….
a. Mars
b. Merkurius
c. Jupiter
d. Uranus
6. Rotasi bumi menyebabkan terjadinya ….
a. siang dan malam
b. perbedaan musim
c. perbedaan iklim
d. perbedaan suhu
7. Gerhana bulan total berlangsung selama ….
a. + 6 jam
b. + 5 jam
c. + 8 jam
d. + 10 jam
8. Gerhana yang terjadi karena cahaya matahari terhalang oleh bulan disebut ….
a. gerhana bulan
b. gerhana matahari
c. gerhana bulan setengah
d. galaksi
9. Kalender masehi disebut juga kalender ….
a. kabisat
b. syamsiah
c. bulan
d. bintang
10. Titik terdekat bumi dengan matahari disebut ….
a. perihelium
b. geosentris
c. heliosentris
d. aphelium


II. Isilah dengan jawaban singkat.
1. Ilmu yang mempelajari tentang tata surya disebut ….
2. Planet yang garis edarnya di luar garis edar bumi disebut ….
3. Yang disebut bintang berekor adalah ….
4. Kalender masehi adalah perhitungan tahun menurut peredaran ….
5. Tahun kabisat adalah tahun di mana jumlah harinya … hari.
III. Jawablah.
1. Tuliskan 3 susunan lapisan matahari.
2. Tuliskan 2 alasan mengapa sebagian astronom ingin tetap
memasukkan Pluto ke dalam planet.
3. Tuliskan 3 contoh planet luar.
4. Tuliskan 4 benda langit selain planet.
5. Tulislah definisi dan penjelasan dari revolusi bulan.
IV. Lengkapi tabel di bawah ini dan beri alasanmu.


Kerjakan di buku latihanmu.
I. Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b, c, atau d yang kamu
anggap paling tepat.
1. Jenis paruh pada burung merupakan adaptasi terhadap ….
a. lingkungan
b. tingkah laku
c. kebutuhan hidup
d. jenis makanan
2. Bentuk kaki burung flaminggo berfungsi untuk ….
a. merobek dan memegang mangsa
b. menempel di dinding
c. berenang
d. melindungi diri agar tidak tenggelam
3. Bentuk daun pada pohon cemara berfungsi untuk ….
a. mengapung di atas permukaan air
b. pelindung diri
c. mengurangi penguapan
d. tempat persediaan air
4. Kematangan perkembangan organ reproduksi pada wanita ditandai
dengan ….
a. membidangnya dada
b. tumbuhnya jakun
c. merendahnya pita suara
d. menstruasi
5. Sel telur yang telah dibuahi disebut ….
a. ovum
b. ovarium
c. zigot
d. sperma
6. Gambaran yang menunjukkan perbandingan jumlah produsen dan
konsumen disebut ….
a. ekosistem
b. populasi
c. habitat
d. piramida makanan
7. Penebangan hutan secara liar mengakibatkan ….
a. menghambat perkembangan hewan air
b. ekosistem hutan menjadi rusak
c. mematikan mikroba
d. ketidakseimbangan populasi hewan
8. Jenis anggrek langka yang ditemukan di hutan Kalimantan dan
Sulawesi adalah ….
a. anggrek hitam
b. anggrek bulan
c. anggrek catleya
d. anggrek vanda
9. Tindakan pelestarian tumbuhan dapat dilakukan dengan cara ….
a. perladangan berpindah
b. pembukaan lahan baru
c. tebang pilih
d. penebangan liar
10. Penemuan spesies baru dapat terjadi melalui ….
a. perburuan
b. penyilangan antar spesias
c. pembuatan cagar alam
d. pembuatan suaka margasatwa
11. Ukuran panas atau dinginnya suatu benda disebut ….
a. derajat
b. kalor
c. suhu
d. temperatur
12. Berikut ini adalah bahan yang termasuk isolator adalah ….
a. plastik, kertas, kain
b. kain, besi, gabus
c. besi, teflon, alumunium
d. plastik, kertas, teflon
13. Perubahan wujud benda yang disertai dengan perubahan sifat
benda disebut ….
a. perubahan fisika
b. perubahan kimia
c. memuai
d. menyusut
14. Perubahan warna benda karena berikatan dengan udara
disebut ….
a. perkaratan
b. pelapukan
c. perubahan fisika
d. pembusukan
15. Naik turunnya jungkat-jungkit semakin cepat apabila ….
a. adanya gaya dorong
b. adanya gaya gerak
c. gaya dorong makin besar
d. gaya dorong tetap
16. Prinsip kerja setrika listrik sama dengan prinsip kerja ….
a. kipas angin
b. kompor listrik
c. lampu neon
d. AC
17. Setiap benda yang dapat menghasilkan arus listrik disebut ….
a. energi listrik
b. sumber listrik
c. pembangkit listrik
d. tegangan listrik
18. Alat yang digunakan untuk menyambung dan memutuskan aliran
listrik adalah ….
a. transistor
b. dioda
c. sakelar
d. kabel listrik
19. Benda-benda langit yang bergerak mengelilingi planet adalah ….
a. satelit
b. asteroid
c. meteoroid
d. komet
20. Daerah gelap yang dilalui bayangan inti disebut ….
a. gerhana
b. penumbra
c. umbra
d. bayangan
II. Isilah dengan jawaban singkat.
1. Bentuk paruh burung yang beraneka ragam disesuaikan
dengan ….
2. Perkembangbiakan makhluk hidup dapat terjadi secara … dan ….
3. Populasi tumbuhan dapat dilestarikan dengan cara … dan ….
4. Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan ….
5. Pelestarian hewan dapat dilakukan dengan ….
6. Termometer merupakan alat pengukur ….
7. Perkaratan terjadi ketika logam besi berikatan dengan ….
8. Peristiwa perpindahan suatu benda dari kedudukan awal
disebut ….
9. Salah satu wujud penghematan listrik dapat dilakukan dengan
cara ….
10. Paham yang menganggap bumi sebagai pusat tata surya
disebut ….
III. Jawablah.
1. Tuliskan 3 bentuk adaptasi pada hewan dan tumbuhan.
2. Tuliskan 5 ciri perbedaan perkembangan fisik pada anak laki-laki
dan perempuan.
3. Perubahan keadaan benda yang dipengaruhi oleh panas
dibedakan menjadi 2. Sebutkan dan jelaskan.
4. Tuliskan 5 tindakan yang dapat dilakukan untuk menghemat
listrik.
5. Tuliskan secara singkat terjadinya gerhana matahari total.

0 Response to "BAB 9 Tata Surya (sd kelas 6 semester 1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel