--> .

BAB II PKN Sistem Pemerintahan - SMK

Sistem Pemerintahan


     Tidak ada suatu negara di dunia ini yang memiliki sistem pemerintahan yang benar benar sama. mereka memiliki cara-cara yang berbeda dalam penyelengaraan pemerintahan. perbedaan ini tidak karena faktor - faktor sejarah dan sistim budaya masyarakatnya dimasa lalu. sistem pemerintahan negara merupakan cara bagaimana roda pemerintahan di jalankan. dengan demikian, bagai mana sistem pemerintahan di berbagai negara dan bagaimana pula dengan sistem pemerintahan di indonesia? bagai mana dinamika pelaksanaan pemerintahan di indonesia dari waktu ke waktu?
untuk itu bacalah kajian berikut ini.

A. Pemerintahan di Berbagai Negara

1. Pengertian pemerintahan
    pemerintahan adalah suatu ilmu dan seni. di katakan suatu seni karena beberapa banyak pemimpin pemerintahan yang tanpa pendidikan pemerintahan mampu memimpin seta dengan karismatik menjalankan roda pemerintahan.
Pemerintahan berasal dari kata pemerintah dengan kata dasar yaitu perintah kata perintah memiliki enam unsur, yaitu ada dua pihak yang terkandung, dua pihak tersebut memiliki saling berhubungan, pihak yang memerintah memiliki wewenang, dan pihak yang di perintah memiliki ketaatan.
pemerintahan dalam arti sempit hanya meliputi lembaga yang mengurus roda pelaksanaan pemerintahan (disebut eksekutif) misalnya sebagai berikut :

a. menurut UUD 45, pemerintah iyalah presiden yang di bantu oleh seorang wakil presiden dan              meteri-menteri.
b. menurut konstitusi RIS 1949, pemerintah iyalah presiden dan menteri-menteri bersama
c. menurut UUD S1950, pemerintah iyalah presiden, wakil presiden dengan bersama sama menteri-        menteri.



     Pemerintah dalam arti luas adalah selain eksekutif termasuk juga lembaga yang membuat peraturan perundang-undangan atau di sebut legislatif, dan melaksakan peradilan yang di sebut yudikatif. misalnya DPR, DPD, MA, MK, dan KY.
J.S.T simorangkir membedakan pengertian pemerintahan sebagai organ atau alat negara yang menjalankan tugas atau fungsi dan pemerintahan sebagai fungsi daripada pemerintah. pemerintah dalam arti organ dapat di bedakan antara pemerintah dalam atri sempit. misalnya menurut UUD 1945, pemerintah presiden yang di bantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri. pemerintah dalam arti luas adalah semua organ negara yang di dalamnya termasuk DPR.
Menrut Muh. Kusnardi, pemerintah dalam arti luas iyalah segala urusan yang di lakukan negara dalam menyelengarakan kesejahteraan rakyatnya dan kepentingan. pemerintah tidak hanya menjalankan tugas eksekutif saja melainkan juga meliputi tugas-tugas lainya, termasuk legislatif dan yudikatif.

 berikut ada berbagai pendapat mengenai pengertian pemerintahan
 a. menurut U. Rosental, ilmu pemerintahan adalah ilmu yang menggeluti studi tentang penunjukan         cara kerja kedalam dan keluar struktur dan proses pemerintahan umum.
 b. menurut H.A. Brasz, ilmu pemerintahan dapat di atrikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang         cara bagai mana lembaga pemerintahan umum itu di susun dan difungsikan, baik secara kedalam         maupun keluar terhadap warganya.
 c. menurut W.S. Sayre, pemerintahan dalam definisi terbaiknya adalah sebagai organisasi dari                 negara yang memperlihatkan kekuasaanya.
d. Menurut C.F. Strong, pemerintahan dalam arti luas mempunyai kewenangan untuk memelihara             kedamaian dan keamanan negara, kedalam dan keluar. oleh karena itu, harus memiliki tiga hal             berikut :

   1)    Kekuatan militer atau kemampuan mengendalikan angkatan perang.
   2)    Kekuatan legislatif atau dalam arti pembuatan undang-undang.
   3)    Kekuatan finalis atau kemampuan untuk mencukupi keuangan masyarakat dalam rangka                      membiayai ongkos keberadaan negara dalam menyelengarakan peraturan. hal tersebut dalam              rangka penyelengaraan kepentingan negara.
e. Menurut R. Mac Iver, pemerintahan dalam sebuah ilmu tentang bagaimana manusia-manusia             dapat perintah.
f. Menurut Syafiie Inu Kencana, pemerintah adalah ilmu yang mempelajari bagaimana melaksakan       pengurusan atau eksekutif, pengaturan atau legislatif, kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan (baik pusat dengan daerah, maupun rakyat dengan pemerintahannya) dalam peristiwa dan gejala pemerintahan,secara baik dan benar.


2. Bentuk Pemerintahan
    Bentuk pemerintahan yang terkenal iyalah kerajaan dan repoblik
a.
b.

0 Response to "BAB II PKN Sistem Pemerintahan - SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel