.

BAB 4 Globalisasi dan Soal-Soal Latihan - Pkn (SMK)


            Globalisai masa sekarang di tandai dengan meningkatkan hubungan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara yang lainnya. Di lain pihak globalisasi juga di tandai dengan munculnya kemajuan teknologi canggih yang telah memicu terjadinya revolusi dibidang informasi sehingga bangsa - bangsa di dunia mengalami proses perubahan soal yang demikian cepat, yaitu abad informasi. Salah satu ciri era globalisasi adalah ketersediaan informasi yang melimpah. semua orang akan mudah mengakses informasi dan menjadikan refrensi demi memberi nilai tambah dan menciptakan manusia profesional. Revolusi informasi dapat menggerakkan interaksi manusia  dari berbagai belahan dunia secara intensif, Yaitu melalui media informasi dan komunikasi. Adanya kecadaran bahwa kegagalan dalam mengatasi isu global dapat mempengaruhi masyarakat internasional secara keseluruhan.
Bagi setiap bangsa maupun negara isu -isu sentral tersebut suatu peluang dan tantangan dalam negara menjaga eksistensi dan kelangsungan hidupnya. Tantangan yang harus dihadapi oleh setiap bangsa dalam era globalisasi adalah kemampuan bangsa yang bersangkutan untuk menyelenggarakan pemerintahan negara sesuai ketentuan masyarakat era global yang tercermin dalam isu-isu global.
Apakah globalisasi itu? Bagaimanakah proses terjadinya globalisasi? dampak apakah yang di timbulkan oleh globalisasi? Bagaimana sikap kita menghadapi globalisasi? mari kita simak kajian berikut ini.

A. Proses, dan Dampak Globalisasi yang ada dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara
1. Pengertian Globalisasi
Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, global mengandung arti menyeluruh, secara umum dan keseluruhan. Globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia.
para ahli memberikan pengertian globalisasi didasarkan hal berikut ini.
a.      Ahli-ahli yang menyeluruh minat pada pada bidang tersebut berasal dari disiplin ilmu yang berbeda beda sehingga dalam mengidentifikasikan globalisasi akan sangat dipengaruhi oleh disiplin mereka masing - masing.
b.      Keberagaman sudut pandang dan pendekatan yang digunakan oleh tiap ahli dalam mendefinisikan global.
c.       Globalisasi merupakan fenomena yang kopleks dan dampak yang ditimbulakn oleh fenomena tersebut menyentuh kedalam hampir semua aspek kehidupan manusia sehingga suatu definisi tunggal barang kali tidak akan pernah mampu menggambarkan fenomena yang teramat komplek tersebut.
Ada tiga hal Yang sering kita temukan dalam mengidentifikasikan globalisasi, yaitu kesalinghubungan, interaksi, dan interdependensi (kesalingterkaitan/ketergantungan)

a.                  Globalisasi menurut Definisi kesalinghubungan
Lodge mengartiakan globlasasi yaitu sebagai suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan. Dengan pengertian yang demikian, globalisasi boleh dikatakan bahwa masyarakat dunia hidup dalam suatu era dimana sebagai besar kehidupan mereka sangat ditentukan oleh proses - proses global.
b.                  Globalisasi menurut Definisi Integrasi
Amal berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses munculnya masyarakat global, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis maupun lembaga – lembaga politik dunia. Definisi ini lebih mirip dengan keyakinan kaum globalis yang memahami globalisasi sebagai terwujudnya sebuah ekonomi dunia yang terintegrasi.
c.                   Globalisasi menurut Definisi Interdepansi
Menurut pengertian ini globalisasi mencakup pengertian bahwa sistem ekonomi, khususnya sistem moneter dunia saat ini sangat tergantung satu dengan yang lain. Akibatnya, kebijakan – kebijakan pada skala nasional tidak dapat begitu saja mengabaikan pristiwa-pristiwa di tingkat global. Demikian juga sebaliknya, peristiwa – peristiwa di tingkat nasional pada tataran tertentu akan berpengaruh pada ekonomi global.
Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalah cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian, kegiatan, dari sudut pandang kepentingan global.


0 Response to "BAB 4 Globalisasi dan Soal-Soal Latihan - Pkn (SMK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel