--> .

Perduli Perhadap Makhluk Hidup - SD KELAS 4


Tema 3 Perduli terhadap makhluk hidup
Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan disekitar


                Indonesia merupakan negara yang memiliki keaneka ragaman hewan dan tumbuhan.Hal tersebut disebabkan indonesia terletak di garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk habitat tumbuhan dan hewan. Kekayaan hayati negara Indonesia sangatlah melimpah sehingga kita harus dapat memanfaatkan dan melestarikannya untuk kemakmuran masyarakat Indonesia.
                Pada subtema ini, kamu akan mempelajari bagaimana hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar. Hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Ayo, Pelajarilah materi berikut ini dengan seksama agar pengetahuanmu semakin luas!

Pembelajaran 1 – Bahasa Indonesia   -IPA       -IPS
Pendalaman Materi                                                                                       Bahasa Indonsia KD3.3 dan 4.3
Wawancara adalah salah satu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber (orang yang memberi informasi). Kegiatan menyusun daftar pertanyaan perlu di kerjakan sebelum wawancara dilakukan. Kata tanya yang biasa sering digunakan yaitu siapa, apa, mengapa, bagaimana, berapa, dan kapan.
Bacalah teks berikut dengan sesakma!

Tanaman Sagu
Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat maluku dan papua yang tinggal dipesisir, sagu dimakan dalam bentuk pepada, semacam bubur, atau dalam olahan lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain daripada itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi. Sagu tepung memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka (tepung dari umbi singkong)
                Sagu Sebagai sumber karbohidrat yang tinggi, sagu memiliki keunikan karena diproduksi didaerah rawa-rawa. Sagu kaya akan kandungan pati,namun miskin zat gizi lainya. Oleh karena itu, sagu juga  sangat baikuntuk dikonsumsi leh orang yang ingin mengurangi berat badannya karena dapat menimbulkan rasa kenyang, namun tidak menyebabkan gemuk. Selain itu , sagu juga memiliki berbagai manfaat lainnya, diantaranya untuk diet bagi penderita diabetes, untuk menjagakesehatan pencernaan, dan dapat mempengarui resiko kangker usus, sagu juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, karena sagu memiliki kandungan fosfor yang cukup banyak.
                Selain untuk makanan, ampas sagu juga dapat dijadikan sebagai makanan hewan ternak. Serat sagu yang di campur dengan semen dapat dimanfaatkan menjadi briket untuk bahan bangunan. Tanaman sagu dapat berperan sebagai pengaman lingkungan karena dapat menyerap emisi gas karbon dioksida yang berasal dari lahan rawa dan gambut ke udara.
                Sagu juga memiliki peranan sosial , ekonomi, dan budaya yang cukup penting di Papua karena merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat ,terutama yanng bermukim di daerah pesisir. Lahan sagu di Papua cukup luas  , namun luas areal yang pasti belum diketahui. Berdasarkan  dari hasil penelitian dan pengembangan pertanian, dapat diperkirakan luas hutan sagu di Papua mencapai 980.000 ha dan kebun sagu 14.000 ha, tersebar di beberapa daerah , yaitu Salawati, Teminabuan, Bintuni, Mimika , Merauke, Wasior, Serui, Waropen , Membramo, Sarmi, dan Sentani.
                Sagu dapat tumbuh hingga ketinggian tanah 700m di atas permukaan laut (dpl),namun produksi sagu terbaik ditemukan diketinggian 400 mdpl. Tanaman sagu ini sangat membutuhkan air yang cukup , namun penggenangan permanen dapat mengganggu pertumbuhan sagu. Sagu tumbuh didaerah rawa yang berair tawar atau daerah rawa yang bergambut dan di daerah sepanjang aliran sungai , sekitar sumber air , atau di hutan  rawa yang kadar garamnya tidak terlalu tinggi . pembudidayaan sagu dilakukan dalam berbagai tahap sebagai berikut.

1.       Menyiapkan lahan
Lahan dipilih yang sesuai dengan ketentuan. Menurut kebiasaan sagu Riau dan Maluku, penanaman sagu dilakukan pada awal musim hujan. Lahan dibersihkan dari semua tanaman ranting-ranting atau sisa-sisa tanaman yang terkubur dekat permukaan tanah. Tanaman bawah dan ranting-ranting kecil tersebut dibakar dan abunya untuk pupuk.

2.       Menyiapkan Bibit
Budi daya tanaman sagu dapat dilakukan dengan metode generatif dan vegeratif. Secara generatif yaitu dengan menggunakan biji yang berasal dari buah yang sudah tua dan rontok dari pohon induk yang baik, yang subur , dan produksinya tinggi. Budi daya tanaman sagu secara  vegetatif dapat dilakukan dengan menggunakan bibit  berupa anakan yang melekat pada pangkal batang induknya yang disebut dangkel atau abut.

3.       Menanam Bibit Tanaman Sagu
Sebelum bibit ditanam, terlebih dahulu dibuat lubang tanam. Pembuatan lubang tanam dilakukan dengan menggunakan cangkul  pada titik pancang yang telah dibuat. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 30cm x 30cmx 30cm dengan kedalaman sampai menyentuh muka air. Ukuran lubang tanam dapat berubah sesuai dengan ukuran bibit. Bibit diletakkan dalam lubang tanam hingga menyentuh dasar tanah yang berair.

4.       Pemeliharaan Tanaman
Pemeliharaan tananaman dilakukan secara kontinu dengan tujuan untuk menjaga produktivitas tanaman yang meliputi kegiatan kontrol pertumbuhan , pengendalian gulma, serta pengelola air. Kontrol pertumbuhan adalah suatu kejadian pembuangan/ pemotongan anakan sagu disekeliling pohon induk (rumpun) yang pertumbuhannya tidak diinginkan, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman atau pohon induk. Setelah itu pengendalian gulma juga perlu dilakukan agar dapat mengurangi persaingan tanaman sagu dengan gulma dalam mendapatkan unsur hara dan air , meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemupukan , serta menekan populasi hama. Tanaman sagu merupakan tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah banyak. Tingkat kedalaman air tanah sangat menentukan pertumbuhan tanaman sagu. Oleh karena itu, dalam budidaya sau kedalaman air tanah harus dipertahankan dan muka air tanah harus dikendalikan.

5.       Melakukan Pemanenan
Pemanenan merupakan kegiatan pengembalian hasil tanaman sagu berupa batang/empulur sagu yang siap dipanen mulai dari kebun sampai menjadi tual. Tual merupakan satuan batang sagu yang siap  diangkut untuk dijual kepada pembeli. Tanaman sagu membutuhkan 10-12 tahun untuk panen pertama kali. Satu batang sagu akan menghasilkan 6-8 tual dengan panjang 42 inchi tiap tual. Tanaman sagu mampu menghasilkan pati kering sebanyak 200-400kg per batang. Jika dalam 1 ha terdapat 156 tanaman sagu maka dalam 1 tahun akan dihasilkan 31,2-62,4 ton pati kering per hektar.
Pohon sagu dapat tumbuh hingga setinggi 20, bahkan 30m. Untuk mengolahdua pohon sagu diperlukan 4 orang yang bekerja selama 6 hari. Sagu dipanen dengan tahap sebagai berikut.
a.       Pohon sagu dirubuhkan dan dipotong hingga tersisa pangkal batng saja
b.      Batang dibelah memanjang sehingga bagian dalam terbuka
c.       Bagian teras batang dicacah  dan diambil
d.      Teras batang yang diambil ini lalu dihaluskan dan disaring
e.      Hasil sringan dicuci dan patinyadi ambil
f.        Pati diolah untuk dijadikan tepung atau dikemas dengan daun pisang

Aktivitasku                                                                 bahasa indonesia kd 4.3
Kerjakan sesuai perintahnya!
1.       Bacalah kembaliteks di atas dan pahami isinya.
2.       Buatlah sepuluh pertanyaan dari bacaan di atas, lalu tuliskan di buku tugas
3.       Usahakn pertanyaan yang kamu buat tidak sama dengan pertanyaan yang di buat oleh teman semejamu.
4.       Simpan baik-baik pertanyaaan buatanmmu karena nantinya akan digunakan dalam kegiatan  wawancara


Pendalaman Materi                                                              IPA KD 3.8 dan 4.8
Tidak hanya sagu, bebrapa jenis tanaman lain juga dapat dijadikan bahan makanan pokok, misalnya jagung, padi, singkong. Lantas , tahukah kamu manfaat lain dari tanaman bagi kehidupan di bumi ini? Tanaman memiliki banyak manfaat dalam kehidupan dibumi. Keberadaan  tanaman sangat penting untuk menyeimbangkan alam. Berikut ini beberapa manfaat tanaman bagi kehidupan di bumi.
1.       Tanaman bermanfaat sebagai bahan makanan pokok sebagian besar makhluk hidup yang ada di bumi.
2.       Tanaman hijau mampu menyerap karbon dioksida dan menghasiikan oksigen yang sanngat diperlukan bagi makhluk hidup lain untuk bernafas
3.       Tanaman mampu menstabilkan suhu sekitar
4.       Tanaman-tanaman tertentu , terutama yang berukuran besar dijadikan tempat tinggal atau sarang oleh hewan liar.
5.       Tanaman-tanaman tertentu mampu dijadikan obat yang mujarab untuk  mengobati penyakit
6.       Tanaman-tanaman tertentu menjadibahan dasar pembuatan papan, sandang, dan pangan manusia
Tanaman merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tanaman dalm keseimbangan alam tidak dapat tergantikan oleh makhluk hidup lainnya. Kelestarian tanaman harus dijaga.

Aktivitas Bersama                                                                  IPA KD 4.8
Kerjakan sesuai perintahnya!
Kamu telahmengetahui manfaaat tanaman. Tanaman bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Apa pentingnya menjaga keseimbangan  alam? Bagaimana  cara menjaga kelestarian tanaman? Berdiskusilah bersama teman semejamu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu, praktikkan hasil diskusimu di lingkungan sekolah dan rumah.


Pendalaman Materi                                                    IPS KD 3.1dan 4.1

Ketampakan Alam Indonesia
Jika kamu perhatikan keadaan alam di sekitarmu, kamu akan melihat bahwa alam ini memiliki beragam kenampakan. Ada dataran tinggi, ada juga dataran rendah. Keragaman tersebut membuat bumi ini terlihat indah. Untuk itu, kamu harus dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan bumi ini. Ketampakan alam adalah segala sesuatu yang ada  dipermukaan bumi dan terbentuk oleh alam. Ketampakan alam biasanya berupa laut, gunung, pantai, danau, goa, dan sungai. Keadaan alam bisa berbeda-beda di tiap tempat, namun ketampakan alam yang dimaksud lebih menunjukkan kepada kondisi asli alam tanpa ada campur tangan manusia.
Kenampakan alam adalah berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah. Kenampakan alam terdiri dari dua bagian pokok, yakni kenampkan alam berupa daratan dan kenampakan alam berupa perairan. Berikut ini berapa ketampakan alam yang ada di indonesia.
1.       Ketampakan Alam di wilayah daratan
Ketampakan alam daratan adalah segala sumber daya alam yang ada di daratan. Ketampakan wilayah daratan sebagai berikut.

a.       Dataran rendah
Yang dimaksud dataran rendah iyalah wilayah yang di dataran dengan ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Daerah dataran rendah dapat dimanfaatkan manusia untuk kegiatan pertanian, peternakan, perumahan, membangun industri , perkebunan tebu, dan perkebunan kelapa. Dataran rendah berada di sektaran wilayah Indonesia membentang luaas di sepanjang Pulau Sumatra, Sulawesi , Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara, serta pulau-pulau kecil.

b.      Dataran Tinggi
Dataran tinggi yang terletak di atas 200 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi dapat dimanfaatkan munusia, misalnya sebagai tempat perisatirahatan , tempat menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Datarntinggi basanya merupakan daerah yang sejuk dengan pemandangan yang indah sehingga menyebabkan banyak orang mendirikan rumah-rumah atau vila sebagai tempat istirahat. Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Puncak di Jawa Barat dan Dataran Tinggi  Gayo.

c.       Gunung
Gunung iyalah bagian dari bumi yang menonjol tinggi dengan ketinggian puncaknya di atas 600 m. Gunung  dibedakan menjadi dua jenis yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi adalah gunung yang masih aktif  dan sewaktu-waktu dapat meletus, contohnya adalah Gunung Merapi  ( Jawa T engah) , Gunung Tangkuaban Perahu (Jawa Barat), Gunung Agung dan Gunung Batur ( Bali) dan Gunung Kerinci (Nusa Tenggara Barat ). Gunung tidak berapi atau gunung mati merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tidak berapi sangat kecil kemungkinan untuk meletus , contohnya adalah Gunung Muria ( Jawa Tengah ), Gunung Tambora ( NTB ), dan Gunung Melawan (Kalimantan Tengah).

d.      Pegunungan
Pegunungan merupakan rangkaian gunung yang saling menyambung satu sama lain, tinggi, luas, dan memanjang dengan mencapai ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut sehingga di daerah pegunungan udaranya sangat sejuk dan segar. Pegunungan dimanfaatkan sebagai tempat istirahat , wisata alam, dan kamping seperti di Pegunungan Jaya Wijaya , sebagai tempat tumbuh hutan  dan digunakn uuntuk usaha perkebunan bunga, sayuran , dan tanaman industri. Wilayah negara Indonesia dibedakan menjadi dua rangkaian pegununan dunia yaitu rangakaian Pegunungan Sirkum Pasifik membentang mulai dari Sulawesi Utara , Kepulauan Maluku Utara dan berakhir di Papua dan rangkaian Pegunungan Mediterania membentang mulai dari ujung barat laut Sumattra , Jawa, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara dan berakhir di Kepulauan Maluku bagian selatan.


2.       Ketampakan Alam di wilayah perairan
Ketampakan wilayah perairan adalah segala ketampakan alam yang berhubungan dengan segala macam air. Wilayah indonesia memilki perairan yang sangat luas, yaitu sebanyak dua pertiga bagian dari keseluruhanlus wilayah negara. Ketampakan alam yang termasuk wilayah perairan sebagai berikut.
a.       Sungai
Sungai adalah daerah di daratan yang dialiri oleh air. Biasnya wilayah sungai tidak terlalu luas. Sungai mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebihrendah. Air dari sungai akan bermuara ke laut. Di Indonesia tedapaat banyak sekali sungai antara lain Sungai Musi, Sungai Citarum, Sungai Bengawan Solo, Sungai Mahakam dan Sungai Kapuas.
b.      Danau
Danau adalah daerah cekungan di daratan yang terisi oleh air. Danau merupakan daerah perairan yang cukup luas di daratan. Danau juga dikenal denngan nama situ atau telaga. Berdasarkan kejadiannya, danau terbagi menjadi danau alam dan danau buatan. Danau alam merupakan danau yang terbentuk secara alami. Contoh danau yang terdapat di Indonesia antara lain Danau kelimuti dan Danau Toba.
c.       Pantai
Pantai adalah wilayah perbatsanantara daratan dan laut. Pantai dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Sedlain sebagai wisata , sekarang ini kawasan pantai juga mulai digunakan sebagai lahan budi daya tanaman seperti, kelapa, ketela pohon , kedelai, dan cabai.
d.      Rawa
Rawa meerupakan tanah rendah dan digenangi air, biasnya banyak terdapat tumbuhan air. Pada ummumnya rawa terletak di daerah dekat sungai atau pantai. Pendudduk daerah rawa sangat bergantung pada air hujan sehingga keberadaan rawa bermanfaat bagi manusia,yaitu untuk pengairan sawah atau ladang dan memenuhi kebetuhan akan air bersih. Rawa yang terdapat di tepi pantai banyak ditumbuhi pohon bakau yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi pantai.

Aktivitasku                                                                                                          IPS KD 4.1
Kerjakan sesuai perintahnya!
1.       Amatilah ketampakan alam pada gambar di samping
2.        Tuliskanlah hal-hal yang kamu tahu tentang ketampakan alam tersebut , meliputi ciri-ciri wilayah, sumber daya alam yang dihasilkan, manfaatkan sumber daya alam yang ada bagi pendududuk, dan mata pencaharian utama peduduknya
3.       Tuliskan hasilnya di buku tugasmu
(gambar di samping sawah ada di hp )

Refleksi
1.       Apa saja materi yang sudah kamu pelajari hari ini?
2.       Pahamkah kamu cara merawat dan menjagakelestarian tanaman yang ada di sekutarmu?
3.       Sudahkah kamu memanfaatkan tanaman yang ada disekitarmu dengan baik?
4.       Dapatkah kamu mengidentifikasi ketampakan alam tempat tinggalmu?
5.       Adakah materi yang belum kamu paham? Jika ada, sebutkan!



Latihan Pembelajaran 1
A.      Beri tanda silang (x) pada huruf a,b, c,atau d pada jawaban yang menurut kamu paling benar!

1.       Hal  yang perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian tanaman sagu adalah...
a.       Menebang pohon sagu hingga ke akar
b.      Menjaga asupan air pohon sagu
c.       Menanam pohon jati di sebelah pohon sagu
d.      Membakar sisa-sisa phn sagu yang telah ditebang
(IPA KD 3.8)

2.       Sagu bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi karena memiliki kandungan..
a.       Vitamin
b.      Mineral
c.       Karbohidrat
d.      Fosfor

(Bahasa Indonesia  KD3.3)
3.       Rangakaian gunung yang saling menyambung satu sama lain, tinggi, luas,dan memanjang dengan mencapai ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaaan laut disebut....
a.       Pegunungan
b.      Perbukitan
c.       Dataran tinggi
d.      Dataran rendah

4.        Datran rendah memiliki ketinggian ....
a.       Lebih dari 200 m
b.      Kurang dari 200 m
c.       Antara 50-200m
d.      Kurang dari 100 m
(IPS KD 3.1)
5.       Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum wawancara dengan narasumber, kecuali...
a.       Menentuakn tema wawancara
b.      Menyusun daftar pertanyaan
c.       Menentukan tempat dan waktu wawancara
d.      Menyiapkan oleh-oleh untuk narasumber
( Bahasa Indoneisa KD 3.3)

B.      Jawablah pertanyaaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.       Bagaimana cara budi daya tanaman sagu?                    (BahasaIndonesia KD3.3)
Jawab;...............................................................................................
2.       Sebutkan tahapan pemanenan sagu?                             ( bahasa indonesi KD3.3)
Jawab;...............................................................................................
3.       Sebutkan cntoh gnung berapi di indonesia?                                 ( IPS KD 3.1)
Jawab;........................................................................
4.       Sebutkan cntoh ketampakan alam di wilayah peraiaran!        (IPS KD 3.1)
Jawab;..............................................................
5.       Buatlah daftarpertanyaan untuk wawancara dengan narasumber seorang petani singkong!
Gunakan kata tanya apa, kapan, berapa, dan di mana!           (bahasa indonesia KD3.3)
Jawab;................................................................................................

0 Response to "Perduli Perhadap Makhluk Hidup - SD KELAS 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel