.

Permainan Bola Kecil Modul - Penjaskes - SMK



Permainan bola kecil contohnya adalah, softball, Pernahkah kalian mengikuti permainan softball?

Seperti halnya olahraga permainan lainya, softball juga memiliki sejumlah aturan dan perangkat permainan. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas pelajaran berikut?

Standar Kompetensi :
mempratekkan ketrampilan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang erkandung didalamnya

Kopetensi Dasar:
Mempraktikkan ketrampilan bermain salah satu permainan bola kecil lanjutan dengan peraturan yang di modifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras, dan percaya diri.

Alokasi Waktu
2 x 45 Menit

MATERI PEMBELAJARAN
Soft ball

1. Wasit pertandingan (umpire)


Dalam pertandinag softball terdapat minimal satu orang hingga tujuh orang hakim pertandingan yang disebut umpire. Terdapat satu orang plate umpire dan tiga base umpire yang menjaga pertandingan. Selebihnya umpire memantau daerah outfield. Dalam pertandingan fast pitch dihakimi oleh empat umpires (satu plate, tiga base umpire). istilah untuk seorang umpire adalah "Blue" disebabkan seragam mereka berwarna biru. posisi seorang umpire adalah berdiri dibelakang catcher dan batter. Berfungsi untuk melihat arah datangnya bola bola yang di lempar oleh pitcher ke catcher apakah itu strike atau ball. Umpire juga mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan pristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mengetahui peraturan. Sebagai pemimpin pertandingan adalah Umpire plate. Karena sifatnya sebagai pemimpin pertandingan, kekuasaan umpere plate dalam sebuah pertandingan sofbol adalah mutlak, Walaupun dapat diprotes  keputusannya tidak dapat diganggu gugat apabila protes yang dilakukan pemain atau pelatih atau manager team menyangkut ajusment, tapi protes dapat dilakukan dan diterima apabila protes dilakukan terhadap salah penerapan rules.

2. Pemain


sofbol dimainkan oleh dua tim dilapangan sofbol. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya adalah merupakan pemain cadangan. Permainan terdiri atas 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, Tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). pada penyerang akan mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola (pitcher) tim bertahan melempar bola kearah penangkap bola (catcher) Sekencang - kencangnya agar bola tidak dapat dipukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.
Skor atau run yang menghasilkan seorang runner berlari menginjak semua base secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap petari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul samapai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol clusari permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, maka tim yang mencetak angka (run) yang paling banyak menjadi pemenang.
Jika pada inning sudah ditetapkan oleh waktu yang sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau seri. Pada awal permainan, tim yang akan menjadi tuan rumah (home_team) mendapat giliran melempar sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.

3. Melempar Bola ( pitching)

Permainan dimulai pada saaat umpire memulai pertandingan dan meneriakkan kata "Play Ball". Setelah pemain bertahan sudah memasuki daerah penjagaanya masing-masing ,maka pertarungan antara pitcher di tim bertahan dan batter di tim yang mendapat giliran memukul dapat dimulai. Seorang pitcher berdiri di atas plate dan  menghadap ke arah catcher. Pitcher akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt catcher. Posisi bola lempar mempunyai wilayah khusus yang disebut zona stiker (strike zone), dimana hasil akhir lemparan terdapat di atas home plate dan tingginya tiak lebih dari dada dan tidak kurang dari lutut batter. Jika bola dalam zona stiker tidak terpukul olehbatter, maka umpire akan berteriak "strike". Dan apabila bola terjadi keluar dari zona strike namun batter tidak mencoba memukul maka bola maka umpire akan berteriak "ball".

4. Penanngkapan Bola (Catcher)

Dalam satu regu setidaknya memiliki satu orang catcher. Catcher dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan betugas menangkap lemparan pitcher. Catcher menggunakn helm, catcher mask untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Posisi catcher adalah jongkok di belakang batter. Seorang pitcher dan catcher harus memiliki komunikasi yang baik dengan isyarat-isyarat untuk bekerjasama mematikan seorang batter. Seorang catcher kadang adalah pengatur strategi yang baik karena dalam pertandingan catcher dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.

5. Penjaga (fielder)

lain dari pada itu pitcher dan catcher, tim bertahan memiliki sebanyak 7 orang fielder yang terbagi dalam 4 penjaga daerah (infielder)dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder).Bagian dalam, yaitu penjaga base satu ( 1 st base), penjaga base dua (2nd base). Penjaga antara dua base dua dan tiga (shotstop), dan penjaga base tiga (3rd base). Sedangkan penjaga luar terdapat disebelah kiri (left fielder), tengah (center), dan kanan (right fielder). Semua fielder (termasuk pitcher dan catcher)berusaha mematikkan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. Karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang.

6. Memukul (Batting)

pada setiap batter memiliki kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball, 3 kali strike akan membuat batter mati"strike out". Dan apabila 4 kali ball maka batter akan berlari sekuat tenaga mencapai base satu sebelum bola pukulannya dikembalikan atau di tangkap oleh penjaga base satu. Jika batter berhasil sampai pada base satu sebelum penjaga base satu menangkap bola maka batter"safe". Dan apabila suatu penjagaan base satu lebih cepat menangkap bola, maka batter"out".

Uji kopetensi

A. Berilah Tanda silang pada huruf a, b, c, d, dan e pada jawaban yang menurut kalian paling benar!

1. Dibawah ini yang bukan merupakan perlengkapan yang diginakan oleh catcher adalah....
a. helm d. body protector
b. cather mask e. leguard
c. kaca mata

2. Tempat catcher adalah di...
a. base pertama d. home base
b. base kedua e. homeplate
c. base ketiga

3. Apabila penjaga base pertamalebih cepat menangkap bola maka batterdinyatakan...
a. safe d.bunt
b. out e.fre
c. hint

4. Batter mempunyai kesempatan strike ...kali
a. 3 d. 1
b. 2 e.
c. 4

5. jika batter dinyatakan free walk yang harus dilakukan adalah
a. mundur d. home run
b. berenti e. sliding
c. jalan bebas

6. Batter juga mendapat ball sebanyak ...
a. 3 kali d. 1 kali
b. 2 kali e. bebas
c. 4 kali

7. jumlah fielder daerah dalam adalah ...
a. 3 orang d. 1 orang
b. 2 orang e. Tergantung pelatih
c. 4 orang

8. permainan dimulai ketika umpire mengucapkan ...
a. Go Ball d. Kikofball
b. strike bal e. play ball
c. mulai

9. Dalam satu pertandingan soft ball terdiri atas ...
a. 9 ining d. 6 ining
b. 8 ining e. Tergantung pelatih
c. 7 ining

10. Jumlah umpire dalam permainan softball adalah ...
a. 9 orang d. 6 orang
b. 8 orang e. 5 orang
c. 7 orang


B. Jawablah pertanyaan  - pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Sebutkan Perlengkapan Catcher!
Jawab :........................................................................................................................

2. Sebutkan jenis-jenis pukulan dalam soft ball!
Jawab :........................................................................................................................

3. jelaskan bagaimana pukulan dinyatakan safe!
Jawab :........................................................................................................................

4. Jelaskan bagaimana sebuah tim mendapatkan angka!
Jawab :........................................................................................................................

5. Jelaskan dengan gambar dan keterangan tempat pemain penjaga!
Jawab :........................................................................................................................

sumber : www.duniamengajar.com / https://www.duniamengajar.com/

0 Response to "Permainan Bola Kecil Modul - Penjaskes - SMK "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel