--> .

Sifat-sifat Tercela - Pembelajar 1 SD kelas 5 Agama Islam

SIFAT-SIFAT TERCELA

we live not alone in this world. we always live together with other people. we hang out with friends during our study and we hang out with neighbors.

have you ever imagined life without friends? of course you will be lonely. therefore, multiply many friends. that way we won't feel lonely.

however, In making friends you must maintain harmony, not only with friends, with anyone we must do good, Help, help, harmony, and peace in order to live in harmony, We must always avoid the despicable nature. As good Muslims, we must always guard our hearts, speech and all members of our bodies from things that are despicable. what are the despicable traits? Let us discuss some of the despicable properties one by one


SIFAT-SIFAT TERCELA
kita hidup tidak sendirian didunia ini. kita selalu hidup bersama-sama dengan orang lain. kita bergaul dengan teman-teman pada waktu belajardan kita bergaul dengan tetangga.

pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa teman?tentu kamu akan kesepian. oleh karena itu, banyak-banyaklah berteman. dengan begitu kita tidak akan merasa kesepian.

namun demikian, Dalam berteman kamu harus menjaga kerukunan, Tidak hanya dengan teman, dengan siapapun kita harus berbuat baik, Tolong-menolong, rukun, dan damai agar dapat hidup rukun, Kita harus selalu menghindari sifat sifat tercela. Sebagai umat islam yang baik, kita harus selalu menjaga hati, ucapan, dan seluruh anggota tubuh kita dari hal-hal yang tercela. apa saja sifat tercela itu? Marilah kita bahas beberapa sifat tercela satu persatu

A. MARAH
pernahkah kamu marah pada temanmu? Sebaiknya kamu menjaga diri agar tidak mudah untuk marah dan tidak selalu bertingkah laku kasar. Mengapa? Tentu saja karena sifat itu perbuatan tercela. oleh karena itu, kamu harus menjahui dan menghindari hal-hal- yang menyebabkan marah.

Sebenarnya apa yang menyebabkan marah? Penyebab marah umumnya adalah sifat-sifat tercela seperti kasar, Kelewat batas, Mudah tersinggung, dan semacamnya. Misalnya : mula-mula di antara kamu hanya bersanda-gurau. dari sanda-gurau yang biasa, meningkat menjadi sanda-gurau yang kelewat batas, yaitu mencaci,saling tersinggung,kemudian saling mara.

orang yang suka marah dan mudah tersinggung berarti tidak bisa mengendalikan nafsunya. Oleh karena itu, kita harus berjalan mengendalikan diri dan nafsu agar kita tingkah laku kita terjaga dari perbuatan marah. Nabi Muhammad pernah bersabda, yang artinya: "janganlah kamu marah, Karena marah itu akan merusak keimanan."


Ada beberapa cara supaya kita terhindar dari marah, antara lain :

  1. Bacalah bacaan taawuz
  2. Sering-sering membaca istigfar
  3. Bila marah, segeralah berwudu.
Nabi Muhammad saw pernah bersabda "Bila salah seorang di antara kalian marah hendaklah ia berwudu."
     4. Apabila marah sedang berdiri segera duduk dan apabila marah sedang duduk segeralah berdiri.


B. DUSTA
perbuatan tercela yang lain adalah berdusta atau berbohong. kita harus menhindarkan diri dari dusta, karena perbuatan itu akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. sekali berdusta, seumur hidup orang lain tidak akan percaya terhadap kita. karena mereka mengira apapun yang kita lakukan pasti dusta. Oleh sebab itu, jangan sampai kita berdusta, baik dusta kepada orang lain maupun kepada diri sendiri.
Bagaimana kita menghindari perbuatan dusta? Ada beberapa cara agar terhindar dari berbuat dusta. Antara lain harus kita ingat bahwa :

  1. Allah swt maha mengetahui
  2. sepandai pandainya orang lain berdusta, Suatu saat akan diketahui juga kedusataanya.
  3. Dusta itu perbuatan dosa.
  4. Dustaselain merugikan orang lain, juga merugikan diri sendiri
  5. Apabila dusta itu telah di ketahui orang maka kita akan sangat malu
  6. sekali berdusta, selamanya orang lain tidak akan percaya.


C. DENDAM
Rosullah saw memberikan contoh kepada kita agar tidak dendam kepada siapa pun yang pernah bersalah atau menyakiti kita. Mengapa? Tentu saja karena sifat pendendam itu tidak baik. Jika orang lain berbuat kesalahan kepadamu, sebaiknya kamu memaafkan. Rosulullah telah memberikan contoh untuk selalu berbuat baik.

pernahkah kamu membaca atau mendengar serita berikut ini.

"Ketika Rosulullah mengajak kaum Qurais masuk Islam, beliau dicaci, dihina, diancam, bahkan akan dibunuh. Akan tetapi ketika kota mekah dikuasai oleh Rosulullah dan kaum muslim, beliau memaafkan kaum Quraisy. padahal jika Rosulullah dendam, dengan mudah orang Quraisy dapat dihancurkan."

Contoh cerita itu mengajarkan kepada kita agar selalu sabar dan mau memaafkan. Oleh karena itu, seandainya kita bertengkar, janganlah diakhiri dengan dendam, tetapi segeralah saling memaafkan dan berdamai. Ingatlah bahwa perbuatan dendam sangat dibenci Allah dan sifat pemaaf sangat disenangi Allah.

D. DENGKI
Sifat buruk dan tercela yang lain adalah sifat iri dan dengki (hasad). Apakah yang dimaksud dengan sifat iri dan dengki? Sifat iri adalah tidak senang melihat orang lain mendapat kesenangan atau kebahagiaan orang lain. Dengki (hasad) adalah berusaha dengan berbagai cara agar orang lain mendapat kesusahan. Biasanya sifat dengki muncul karena dalam hatinya terdapat rasa iri. Misalnya, kamu melihat temanmu menjadi juara kelas, lalu kamu kamu menjadi tak suka. Oleh sebab itu, di hatimu mulai muncul iri hati. Setelah ada iri hati, mulai muncul rasa benci dan mencari-cari kejelekan untuk menghasut teman yang lain agar membencinya. Inilah yang disebut dengki.

0 Response to "Sifat-sifat Tercela - Pembelajar 1 SD kelas 5 Agama Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel