.

Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Pernikahannya- Agama Islam Kelas 5

KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW SAMPAI PERNIKAHANNYA

A.     BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH
     Zaman Jahiliyah adalah suatu zaman sebelum Nabi Muhammad Saw dilahirkan atau sering disebut Zaman kegelapan. Pada Zaman jahiliyah, bangsa Arap hidup secara bersuku - suku. Mereka sering berpindah-pindah dari satu lembah kelembah yang lainya. Pada zaman itu, bangsa Arap masih menyembah berhala. setiap suku mempunya berhala sendiri sendiri untuk disembah dan diletakan didekat ka'bah.
     Selain itu, Adat-istiadat mereka amat buruk. selain suka menyembah berhala mereka juga suka main judi, minum arak, membunuh anak perempuannya sendiri, berbuat maksiat, dan perang antar suku (kabilah) hampir tidak berhenti.
     Namun selain adat istiadat yang buruk, mereka juga memiliki kebiasaan yang baik. Beberapa kebiasaan baik antara lain, mereka terkenal ahli pidato dan syair, pemberani dalam segala hal, dan suka menghormati tamu.

B.     BEBERAPA PERISTIWA SAAT NABI MUHAMMAD SAW LAHIR SAMPAI REMAJA
     Adakah diantara kalian yang pernah membaca kisah Nabi Muhammad saw? kali ini kita akan membahas kisah Nabi Muhammad saw mulai lahir sampai menikah.

1.     Kelahiran Nabi Muhammad saw
     Menjelang kelahiran Nabi Muhammad saw, pasukan gajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abraha datang ke Mekah. mereka datang dengan tujuan menghancurkan Ka'bah. Pasukan itu berkemah di luar kota mekah. Mereka merampas harta benda penduduk Mekah termasuk duaratus ekor Unta milik Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad.
     Abdul Muthalib pada saat itu adalah ketua pemeliharaan Ka'bah. Oleh kare itu, Abdul muthalib yang menjadi sasaran pertama. Abraha mengabarkan kepada Abdul Muthalib bahwa akan menghancurkan Ka'bah. Abdul Muthalib menghadap Abraha memohon agar mengembalikan untanya yang dirampas. Dengan penuh keheranan Abrahah : "Mengapa engkau menuntut untamu bukan Ka'bah yang di agungkan?" Abdul Muthalib menjawab " Unta itu kepunyaanku, sedangkan ka'bah kepunyaan Allah. Oleh sebab itu, maka Allah yang akan Melindunginya."
     Akhirnya pasukan gajah bergerak memasuki kota mekah. Dipertengan jalan meraka diserang oleh segerombolan Burung Ababil yang diutus Allah Dengan membawa batu-batu dari sijjil.  pasukan Abrahah kemudian hancur dan selamatlah Ka'bah dari kehancuran karena diselamatkan oleh Allah. Dari peristiwa inilah maka tahun kalahiran Nabi Muhammad disebut Tahun Gajah.
     Nabi Muhammad saw dilahirkan di kita Mekah pada hari senin tanggal 12 Robiul Awal Tahun Gajah. Tanggal itu bertepatan dengan 20 April 571 Masehi. Beliau dilahirkan dengan keadaan yatim, karena ayahnya meninggal ketika Nabi Muhammad masih Dalam kandungan, Tahukah kamu, Siapa nama ayah dan ibu Nabi Muhammad Saw?
     Ayah Nabi Muhammad saw bernama Abdullah. pada saat Nabi Muhammad saw dalam kandungan, ayah beliu sakit dan akhirnya meninggal seta dimakamkan di madinah. Ibu Nabi Muhammad saw benama Aminah, seorang wanita Shalihah. Nama Muhammad diberikan oleholeh kakeknya, yaitu Abdul Muthalib. Apa arti Muhammad? Brarti orang yang terpuji. Sebelum memberi nama tersebut. Abdul Muthalib membawa cucunya tawaf (mengililingi Ka'bah).

2.     Kehidupan Nabi Muhammad SAW pada masa Kanak-kanak
     Bangsawan Arab mempunyai kebiasaan menyusukan anak-anaknya kepada wanita dewasa didaerahnya. Kebiasaan itu dilakukan karena sehatnya lingkungan dan udara di desa. Wanita Bani Saat, Halimah Sadiyah seorang wanita bani saad datang kerumah aminah. Dia menawarkan diri untuk dapat menyusukan Muhammad. Ibu beliau kemudian menyerahkan Muhammad kepada halimah. Sebelumnya ibu beliau sempat menyusui Muhammad selama tiga hari. Halimah mengasuh Muhammad selama empat tahun.
     Ketika Muhammad berusia 6Tahun, Aminah mengajak Muhammad berziarah kemakam ayahnya di madinah. mereka pergi dengan ditemani oleh pelayannya yang bernama Ummu Aiman. tatkala kembali kemekah, Aminah sakit di desa abwa sampai meninggal, lalu dimakamkan di abwa. Dengan hati sedih Muhammad kembali ke mekah ditemani oleh Ummu Ainah. Sejak saat itu Muhammad menjadi yatim piatu. selanjutnya Muhammad dirawat oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthalib. Abdul Muthalib sangat menyangi cucunya. Namun, sayang sekali curahan kasih sayang Abdul Muthalib tidak berlangsung lama. ketika Muhammad berusia 8 tahun, kakek yang sangat menyayanginya itumeninggal dunia.  Selanjutnya Nabi Muhammad dirawat dan dibesarkan oleh pamanya yang bernama Abu Thalib.
     Abu Thalib adalah salah seorang paman Muhammad yang tergolong miskin. Hasil dagangannya hanya cukup untuk mengidupi keluarganya saja. Ketika Muhammad berada dalam asuhan Abu Thalib, Allah memberkahi keluarga Abu Thalib sehingga kehidupannya membaik. Abu Thalib tidak pernah membedakan Muhammad dengan anak-anaknya sendiri.
     Pada usia 12 tahun, Muhammad diajak berdagang ke Negri Syam. Ketika rombongan pedagang itu sampai di Kota Bursra, seorang pendeta Nasrani yang bernama Bukhaira menghampiri Abu Thalib dan Muhammad. Setelah mendapat penjelasan serta tanda kenabian pada Muhammad, seperti yang tercantum didalam Kitab Taurat dan Injil, Pendeta Bukhaira menasehat kepada Abu Thalib agar menjaga Muhammad dari gangguan orang Yahudi. Karena kelak ia akan menjadi rosul Allah untuk umat manusia sedunia.Setelah mendapat nasehat itu, Abu Thalib segera membawa Muhammad kembali ke Mekah.
     Muhammad tumbuh menjadi anak yang baik, ia suka membantu pekerjaan pamanya seperti menggembala kambing dan ikut berdagang, bahkan Muhammad pernah ikut dalam perang Fijar. Tahukan kamu tentang perang fijar? perang fijar adalah perang antar suku di mekah pada jahiliyah. Penyebab Perang Fijar antara lain karena rasa kesukaan yang berlebihan. Muhammad ikut berperang di pihak yang benar untuk membela suku-suku yang lemah. Muhammad telah mampu memilih yang baik dan benar. Dalam hatinya telah tumbuh perasaan untuk membela kaum yang lemah, walaupun saat itu usinya baru 14 tahun.
     Sejak masa kanak-kanak, Remaja, Hingga akhir hayatnya, Muhammad selalu berprilaku baik. Beliau berbeda dengan orang-orang lain disekitarnya. Beliau tidak pernah minum arak, berjudi, dan melakukan perbuatan maksiat seperti yang yang dilakukan oleh sebagian orang Arab pada masa itu. Beliau juga tidak pernah menyembah berhala, beliau terkenal sangat jujur, menepati janji, ramah dan sopan sehingga beliau di juluki Al-Amin, Artinya orang jujur dan dapat dipercaya.

3. Nabi Muhammad SAW Menikah
     Kejujuran, akhlak, dan kepribadian Nabi Muhammad telah tersebar dikalangan penduduk mekah. Siti Khadijah binti Khuwalid adalah seoarang wanita Quraisy yang baik hati, hartawan, dan dermawan. ia sangat tertarik pada kepribadian Muhammad. Siti Khadijah bermaksud memberikan kepercayaan kepada nabi muhammad untuk menjalankan usaha dagangannya ke negri syam. Muhammad menerima kepercayaan itu dengan penuh rasa tanggung jawab.
     Setelah menerima kepercayaan itu mhammad berangkat ditemani pembantu setia Khadijah yang bernama Maisarah. Muhammad berdagang dengan baik dan jujur dan ramah sehingga barang dagangan yang dibawanya segera laku dengan membawa keuntungan yang besar. keuntungan itu diserahkan kepada Khadijah. Ketika kembali kemekah, Maisarah menceritakan kepada Khadijah segala kejadinya yang di alaminya selama bersama muhammad serta kegagumanya atas kejujurannya Muhammad dalam berdagang.
     Khadijah sangat tertarik dan timbul keinginan untuk berumah tangga dengan Nabi Muhammad. selanjutnya Muhammad menikah dengan khadijah, pada waktu itu Muhammad berusia 25tahun dan Khadijah telah berusia 40 tahun. Kehidupan rumah tangga beliau sangat harmonis, saling menghormati dan merupakan tauladan bagi kehidupan rumah tangga muslim.

0 Response to "Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Pernikahannya- Agama Islam Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel