--> .

Iman Kepada Kitap Suci Alquran - SD Kelas 5

➣ Iman Kepada Kitap Suci Alquran

Alquran adalah kitab suci kita tentu saja kita semua percaya akan kebenaran isinya. Percaya akan kebenaran isi Alquan dengan sepenuh hati disebut iman kepada kitab allah.
     Alquran diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. Alquran diturunkan untuk dijadikan pedoman hidup, sumber pelajaran dan peraturan bagi umat manusia didunia ini.

A PENGERTIAN KITAB SUCI ALQURAN
     Alquran diturunkan oleh Allah swt melalui malaikat jibril. Alquran merupakan kitab suci terahir dan diturunkan sebagai penutup dari semua kitab-kitab suci yang sebelumnya. Kitap suci Alquran isinya mencakup seluruh inti wahyu yang telah diturunkan kepada para Nabi dan Rosul sebelumnya. Oleh karena itu Alquran adalah mukjizat Nabi Muhammad saw yang terbesar diantara mukjizat mukjizat lainya.
     Isi Alquran meliputi akidah, ibadah, syariah, muamalah, dan kisah (sejarah) pada zaman dahulu. Isi Alquran terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayat Alquran pertama di turunkan pada 17 Ramadhan tahun 41Fiil (Gajah)  Bertepatan pada 14 Februari 610 Masehi, Ketika Nabi Muhammad sawberkhalwat (uzulah) Di Gua Hiro. Tanggal 17 Ramdhan kita peringati sebagai hari nuzul Quran (peristiwa turunya Alquran). Alquran diturunkan secara berangsur angsur selama kurang lebih 23 tahun, tepatnya 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Ayat Alquran yang pertama di turunkan terdapat dalam surat Al-Alak ayat 1-5 ayat. Ayat Alquran ada yang diturunkan di mekah disebut ayat Makiyyah dan ada yang di turunkan di madinah dan disebut ayat madiniyah.
     Kitab suci Alquran adalah kitab suci yang paling sempurna, paling mulia, dan akan terjaga keasliannya sampai akhir zaman, Firman Allah yang artinya

"sesungguhnya kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya," (Q.S. Al-Hijr : 9)

B.   ALQURAN KITAB SUCI UMAT ISLAM
     Sebagai umat islam kita wajib beriman kepada kitab suci Alquan. Beriman dalam arti meyakini, Mempelajari, dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalam Alquran. Alquran merupakan bacaan terbaik bagi kaum muslimin, baik di waktu senang maupun di waktu susah. Mengapa? Alquran merupakan rahmat dan petunjuk yang tidak ada bandinganya bagi manusia dan alam semesta. Setiap orang yang mempercayai Alquran dengan sungguh-sungguh akan akan bertambah cinta kepadanya. Tahukah kamu apa maksudnya? maksudnya kita akan lebih cinta untuk mempelajari, membaca, dan bertambah kuat keimanan dalam hati kita.
     Oleh karena itu, sebagai umat Islam kita harus menaati semua ajaran Alquran. Isi Alquran telah lengkap dan sempurna untuk kita jadikan pedoman hidup sepanjang masa samapai akhir zaman. Siapa saja yang menaati ajaran  Alquran, akan selamat hidupnya di dunia maupin di akhirat kelak.
     Alquran adalah kitab suci umat islam. Oleh karena itu, kita harus memuliakannya. bagaimana kita memuliakan alquan? ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai kitab suci Alquran, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Hendaklah Alquran disimpan di tempat yang bersih dan rapih.
  2. Membawa Alquran harus dengan cara yang baik, berbrda dengan membawa buku-buku yang lain.
  3. Disunahkan membaca Alquan dalam keadaan suci (bewudu)
  4. Membaca Alquan hendaklah di tempat yang bersih dan suci.
  5. Kita membaca Alquran, pakaian harus rapih, bersih dan sopan (menutup aurat)
  6. Apabila sedang dibacakan Alquran hendaklah didengarkan dan tidak boleh mendengarkan Alquran sambil bicara.
  7. Membaca Alquran diawali dengan membaca taawuz dan basmalah.
  8. Membaca Alquran harus dengan tenang dan khusuk.
  9. Agar dapat membaca Alquran dengan baik dan benar, pelajarilah ilmu tajwid.
Alquran juga mempunyai nama-nama lain diantaranya seperti:
  • An-Nur artinya cahaya.
  • Al-Furqan artinya pembeda.
  • Asy-Syifa artinya penawar/pengobat.
  • Az-Zikr artinya peringatan
  • Al-Huda artinya petunjuk.

     

0 Response to "Iman Kepada Kitap Suci Alquran - SD Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel