--> .

Nabi Muhammad saw Diangkat Menjadi Rasul - SD Kelas 5

Nabi Muhammad saw diangkat sebagai Rasul

https://www.duniamengajar.com/

https://snaplikasi.blogspot.com/

 

A. Nabi Muhammad saw Ulah ( menyendiri )

Telah kita ketahui pada pelajaran lalu bahwa jaman jahiliyah masyarakat arab sangat rusak. Pada waktu itu mereka suka berjudi, mabuk-mabukan, menyembah berhala dan berperangMenjelang Nabi Muhammad berusia 40 tahun, beliaun selalu memikirkan masyarakat Arab yang semakin rusak. Suatu kebiasaan ahli pikir bangsa Arab pada waktu itu adalah ujlah. Tahukahkamu, apa artinya ujlah? ujlah artinya menyendiri. Ujlah sering disebut berkhalwat. Ujlah atay berkhalwat adalah menyendiri dari keramaian orang untuk beribadah kepada Tuhan. Ajaran untuk melakukan ujlah dicontohkan nabi Ibrahim as.

Pada waktu Nabi Muhammad saw melakukan ujlah, beliau memiliki dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah beribadah, mendekatkan diri kepada Tuhan Pencipta. Tujuan kedua adalah mohon petunjuk kepada Allah agar dapat meluruskan kepercayaan bangsa Arab. Tahukah kamu dimana Nabi Muhammad saw melakukan uzlah? Nabi Muhammad saw melakukan uzlah di Gua Hira. Gua Hira terdapat di Jabal Nur , kira-kira 5 km dari kota Mekkah. Beliau menyendiri di Gua Hira ,kadang-kadang 10 hari hingga 1 bulan. Apabila pembekakalan habis, beliau kembali kepada istrinya, Khadijah. Setelah itu, kembali ke Gua Hira. Nabi Muhammad saw melakukan uzlah hingga berbulan-bulan lamanya.



B .   Wahyu Pertama dan kedua

 
    Selama berbulan-bulan Nabi Muhammad saw menyepi di Gua Hira. Pada suatu malam 17 Ramadhan, datanglah Malaikat Jibril. Malaikat Jibril menunjukkan sesuatu yang bertuliskan wahyu Allah berkata dan berkata: " Bacalah!" Muhammad menjawab: "Aku tidak dapat membaca".Jibril memeluk Muhammad lalu mengulangi lagi: "Bacalah!" Muhammad menjawab "Aku tidak dapat membaca." jibril memeluk Muhammad saw leih erat lagi. Demikian , samapai tiga kali jibril menyuruh membaca. Namun demikian, Muhammad tetap menjawab tidak dapat membaca. Akhirnya, Malaikat Jibril mengajarkan Muhammad wahyu yang diturunkan Allah swt, yaitu Surat Al-Alaq ayat  1 sampai dengan ayat 5, yag artinya

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.
  2. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling pemurah.
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
  5. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak di ketahuinya.

    Ayat ini merupakan wahyu pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. Turunnya wahyu ini menandai pengangkatan beliau sebagai rasul Allah atau utusan Allah sw. Sebagai utusan Allah . Nabi Muhammaad saw bertugas menyampaikan ajaran Allah pada seluruh umaat manusia.
    Setelah Nabi Muhammadsaw kedatangan Malaikat Jibril, beliau sangat takut dan badannya menggigil. Beliau segera pulang dan menceritakan kejadian yang baru dialaminya kepada Khadijah.Untuk menen

    Setelah mendengar cerita yang dialami Muhammad, Waqarah berkata bahwa yang datamg itu adalah malaikat Jibril . Waqarah memberi nasihat agar Muhammad tidak usah takut, karena Allah akan melindunginya. Waqarah juga berjanji akan membantu dan membela Muhammad, jika Muhammad diusir oleh kaumnya.
     Setelah wahyu pertama turun, lama sekali tidak ada tanda-tanda akan turun wahyu selanjutnya. Pada hari ke 40 dari turunnya wahyu pertama terdengar, wahyu kedua turun ketika Rasulullah sedang berjalan-jalan.  Pada saat itu teerdengar suara dari langit, dan Rasulullah melihat Malaikat Jibril dalam wujud aslinya. Beliau sangat ketakutandan segera pulang.  Samapi di rumah, beliau minta kepada istrinya untuk diselimuti. Dalam keadaan berselimut itu, datanglah Malaikat Jibril mengajarkan wahyu Allah: yang artinya

  1. Wahai orang yang bersselimut,
  2. Bangunlah, lalu berilah peringatan!
  3. Dan tuhanmu agunkanlah,
  4. Dan pakaianmu bersihkanlah, 
  5. Dan perbuatan dosa tinggalkanlah,
  6. Dan janganlah kamu memberi (dengan maksut) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.
  7. Dan untuk ( memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah,

Ayat itu merupakan bagian dari Surat Al Muddasir ayat 1sampai 7. Ayat itulah yang memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw untuk menyampaikan dakwahnya kepada seluruh umat manusia, mengajak manusia agar menyembah Allah Tuhan Yang Maha Esa.



 C. Dakwah Secara Sembunyi-sembunyi Dan Secara Terang-terangan

    Setelah menerima wahyu kedua , Rasulullah mulai menyiarkan agama Islam. Mula-mula secar sembunyi-sembunyi. Dakwah sembunyi-sembunyi itu dilakukan agar bangsa Arab tidak terlalu terkejut dengan kedatangan agama Islam. Selain itu, agar tidak menyulitkan mereka untuk memahaminya.Oleh karena itu, Rasulullah mula-mula berdakwah pada kalangan keluargadan kawan dekat yang dapat mempercayainya. Rasulullah menyerukan agar manusia menyembah Allah, meninggalkan berhala, mengakui kerasulan Muhammad, dan berbuat baik serta menjauhkan dari perbuatan dosa.
    Seruan Rasulullah mendapat sambutan baik, terutama dari keluarga dan sahabat-sahabatnya. Mereka menyatakan keimanannya dan memeluk agama Islam. Orang yang mula-mula masuk Islam disebut sebagai Assabiqunal awwalun. Yang termasuk Assbiqunal awwalun antara lain:

  1. Khadijah, istri Rasulullah, dari golongan wanita.
  2. Abu Bakar Sidiq, kawan dekat Rasulullah dari golongan pria dewasa.
  3. Ali bin Abu Thalib, kemenakan Rasulullah, dari golongan pemuda.
  4. Zaid bin Haritsah, hamba sahaya yang dimerdekakan Rasulullah.
  
    Abu Bakar Sidiq kemudian membantu menyebarkan ajaran Agama Islam. Dia menyerukan ajaran islam kepada kawan-kawannya. Tampaknya usaha Abu Bakar Sidiq tidak sia-sia. Beberapa kawannya banyak yang mengikuti ajaran Islam. beberapa di antaranya: Zubair bin Awam, Utsman bin Affan, Saad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah, dan Abdur Rahman bin Auf.
    Rasulullah beserta sahabatnya menyiarkan agama islam secara sembunyi-sembunyi selama tiga tahun. Setelah beliau menerima wahyu yang memerintahkan agar berdakwah dengan terang-terangan, barulah beliau menyerukan pada masyarakat Arab untuk memeluk agama Islam. Adapun ayat yang memerintahkan Nabi saw untuk berdakwah secara terang-terangan yang artinya


        " Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan ( kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik." ( Q.S. Al-Hajr:94)

    Banyak hambatan dan tantanan yang dihadapi Rasulullah dan kaum muslimin dalam menyebarkan Agama Islam. Tantangan terutama dari suku Quraisy. Suku Quraisy memiliki banyak cara untuk menentang penyiaran agama Islam. Beberapa cara yang dilakukan adalah menghina Rasulullah, menganiaya orang lain yang telah masuk Islam, mengancam akan membunuh Rasulullah, membujuk Rasulullah maupun kaum muslimin agar menghentikan dakwahnya dan sebagainya. Namun demikian, Rasulullah dan kaum muslimin tetap teguh keimanannya. Tahukah kamu, bahwa orang yang paling menentang ajakan Rasulullah justru pamannya sendiri yang bernama Abu Lahab dan Abu Sufyan?


     Semua tantangan dan hambatan selalu dihadapi Rasulullah dengan kesabaran dan ketabahan. Ancaman, siksaan, dan hinaan tidak menggoyahkan iman kaum muslimin. Semakin hari semakin bertambah pengikut Rasulullah. Akhirnya , para pemimpin Quraisy banyak yang menyadari kebenaran ajaran Islam. Sejak itu beberapa orang Quraisy menyatakan diri masuk islam. Mereka yang masuk Islam termasuk orang yang berpengaruh di kalangan kaum Quraisy, seperti Hamzah bin Abdul Muthalib ( paman Rasulullah ) dan Umar bin Khatab. 
 
    Mengetahui banyak pemimpin Quraisy yang masuk Islam, Abu Lahab dan penentang lainnya semakin gencar menentang dan berusaha menghentikan dakwah Rasulullah. Penyiksaan terhadap pengikut Rasulullah semakin kuat. Penyiksaan itu dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan ada yang sampai dibunuh. Namun demikian kaum muslim tidak goyah imannya. Mereka percaya bahwa Islam adalah yang paling benar. Oleh karena itu , siapa  yang berjuang membela agama islam, Allah akan membalasnya dengan surga.




D. Isra' Mi'raj

 
    Setelah kurang lebih sepuluh tahun Rasulullah saw menyebarkan ajaran Islam, ternyata yang mengikuti ajaran agama islam hanya beberapa orang saja. Sementara itu pemimpin Quraisy semakin membenci dan memusuhi kaum muslimin. Pada saat-saat yang mencemaskan itu Nabi Muhammaad saw ditimpa kesedihan. Dua orang pembela Rasulullah wafat, yaitu khadijah dan abu thalib. Wafatnya dua orang itu menyebabkan Rasulullah sedih berkepanjangan. Tahun kesedihan itu dalam sejarah islam dikenal sebagai tahun dukacita ( amul huzni). Pada tahun itulah, Rasulullah saw melaksanakan Isra' dan Mi'raj.


     Tentu kamu pernah mendengar cerita Isra' Miraj bukan? Isra' artinya perjalanan di  waktu malam. Mi'raj adalah naik ke atas. Dalam pengertiannya  Isra' Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad saw pada malam hari dari Masjidil Haram ( di Mekah) ke Masjidil Aqsha ( di Palestina ) dan naik sampai Sidratul muntaha. Disinilah beliau menerima perintah kewajiban melaksanakan salat wajib lima waktu.

     Peristiwa Isra' Mi'raj ini terjadi pada 27 Rajab tahun ke sebelas dari kenabian. Isra' Mi'raj bagi Nabi Muhammad saw merupakanan gemblengan batin dalam menegakkan agama Allah. Bagi kaum muslimin peristiwa Isra' Mi'raj itu merupakan ujian apakah mereka tetap beriman atau kembali pada kekafiran. Bagi kaum muslim yang kuat imannya, peristiwa itu malah menjadikan imannya semakin kuat. Sementara itu, bagi kaum kafir Quraisy , peristiwa ini merupakan suatu kesempatan untuk menuduh Nabi Muhammad sebagai orang gila, sehingga mereka semakin membenci dan menentang ajaran Rasulullah.  


0 Response to "Nabi Muhammad saw Diangkat Menjadi Rasul - SD Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel