--> .

Sifat-Sifat Terpuji - Kelas 5 sd



Sifat-sifat terpuji kelas 5 sd


   Rasulullah saw memberikan teladan kepada umatnya agar senantiasa berakhlak mulia. Akhlak mulia disebut juga akhlak terpuji atau sifat terpuji. Bagaimana kita dapat memiliki sifat terpuji? Untuk memiliki sifat terpuji, kita harus membiasakan melakukan perbuatan-perbuatan terpuji. Sehingga kita akan terbiasa, kemudian menjadi sifat kita dalam bertindak dan melakukan sesuatu. Rosulallah Saw Bersabda

Yang artinya: Manusia yang paling baik iyalah manusia yang paling baik akhlaknya (Budi pekertinya). "(H.R. Imam Tabrani)
 
Dalam hadis lain Rosulluallah Bersabda 

Yang artinya ; "Orang mukmin yang paling sempurna imannyaiyalah mereka yang paling baik akhlaknya." (H.R. Ahmad)

A.    Rajin
    Umat islam harus rajin. Rajin dalam melakukan perbuatan perbuatan yang baik dan bermanfaat. Seperti rajin belajar, rajin membaca alquran, rajin membantu ayah dan ibu, rajin beribadah, rajin berusaha, dan sebagainya. Apabila ada waktu yang kosong manfaatkan lah untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan bermanfaat. Tentu kamu tau perbuatan apa saja yang bermanfaat itu. Contoh kamu perhatikan cerita di bawah ini.

Andi adalah anak yang rajin
Sepulang sekolah, Andi langsung mengerjakan Pr nya. Dia juga rajin membantu orang tuanya. Karea sifat itu Andi menjadi juara kelas.

    Tentunya kamu mempunya cita-cita dan keinginan. Apakah kamu tidak ingin seperti Andi? Agar kamu dapat menjadi juara kelas, Tentunya kamu harus rajin beajar juga. Setiap orang pasti memiliki keinginan, seorang petani mempunyai keinginan agar tanaman yang di tanaminya tumbu dengan subur dan berbuah lebat, dan hasil panennya banyak. Seseorang pedagang pasti mempunyai keinginan mendapat keuntungan yang besar.


Baca juga Iman Kepada Kitab Suci Alquran

    Tentu kamu taubagaimana caranya untuk mewujudkan keinginanmu bukan? Semua keinginan dan cita-cita, tentunya tidak dapat datang dengan sendirinya. Cita-cita harus diusahan dengan sungguh-sungguh. Untuk menjadi anak yang pandai harus rajin belajar. Ingatkah Pribahasa "Rajin pangkal pandai". Adakah perpustakaan disekolahmu? Seringkah kamu keperpustakaan? Bajacalah Buku-buku perpustakaan karena akan menambah pengetahuan kamu. Siapa yang rajin membaca maka iya akan banyak pengetahuannya. 

    Orang yang ingin memiliki sifat mulia, hidup bahagia di Dunia dan Akhirat kelak, harus rajin serta tekun beribadah kepada allah SWT, Rajin Sholat, Membaca Alquran, Puasa dan gemar berbuat kebaikan. Bagaimana dengan seorang petani yang ingin hasilnya banyak? Seorang Petani yang ingin mendapatkan hasil panen yang melimpah tentu saja harus rajin mengolah tanahnya, Memelihara tanamannya dengan sungguh sungguh dan memupuknya dengan benar. Demikian pula seorang pedagang, apabila ingin mendapat uang maka harus berusaha dengan giat dan tekun.

     Sekarang kamu menjadi tau mengapa harus rajin dan tidak boleh bermalas-malasan. Kamu harus selalu bekerja dengan berusaha. Manfaatkanlah waktumu dengan sebaik-baiknya. Ingatlah pepatah yang mengatakan :"Waktu adalah uang."  Barang siapa yang memanfaatkan waktu dengan baik, maka iya beruntung. Barang siapa yang tidak menggunakan waktu dengan baik, maka iya termasuk golongan orang yang rugi.

    Selain rajin belajar, kamu juga harus rajin bekerja. Tentunya banyak pekerjaan yang dapat kamu lakukan bukan? Pekerjaan apa saja yang sering kamu lakukan di rumah? Dengan membantu ibu dan ayah untuk mengerjakan pekerjaan rumah,kamu akan bertambah rajin.


B.    Dermawan
    Sifat dermawan termasuk sifat terpuji. Orang yang dermawan sangat dicintai oleh Allag swt. Bagaiman ciri orang dermawan itu? Orang dermawan adalah orang yang suka memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan,baik diminta maupun tidak diminta, dengan ikhlas karena Allah semata-mata.
    Orang bersifat dermawan hatinya bersih. Dia tidak pernah mengharapkan balasan atau imbalan selain karena Allah swt. Oleh karena iatu, biasakan bersikap dermawan. Kita harus membantu saudara kita yang memerlukan bantuan. kita harus ingat bahwa pada harta yang kita miliki ada hak untuk fakir-miskin. Bagaimana cara membagi harta kita? Harta dapat dibagi denngan cara jakat, shadaqah,dan infaq.
    Orang yagn murah hati dekat dengan Allah swt. Dia pasti dekat dan di sayang manusia lainnya. Di akhirat kelak dia akan mendapat kebahagiaan di sisi Allah swt. Orang dermawan berkeyakinan bahwa infaq dan shadaqah tidak mengurangi hartanya. Mereka berkeyakinan bahwa Allah swt akan menggantinya berlipat ganda.
    Para sahabat Rasululllah saw memberi contoh untuk bersifat dermawan. Mereka rela memberikan hartanya untuk kepentingan perjuangan Islam dan kepentingan-kepentingan kaum muslim. Beberapa contoh itu antara lain:


 - Abu Bakar Sidiq , sahabat Rasul yang pernah memberikan uang hasil dagangannya untu menebus Bilal bin Rabbah agar dimerdekakan oleh tuannya.

 - Siti Khadijah, istri Rasulullah saw seorang saudagar kaya , beliau memberikan semua hartanya untuk perjuangan umat islam saat itu.
  
    Demikian contoh kedermawanan muslimin yang perlu kita teladani.Setelah kamu membaca dan mempelajarinya, contohlah sifat dermawan itu dalam hidup sehari-hari.


C.    Hemat
    Kebiasaan hemat adalah suatu perbuatan terpuji dan harus dimiliki oleh orang islam. Apakah hemat itu? Hemat adalah mempergunakan uang atau harta  atau apa saja sesuai dengan keperluan. Hemat tidak sama dengan kikir atau bakhil, tetapi tidak menggunakan sesuatu dengan tidak berlebihan atau boros. Firman Allah swt di dalam Al-quran yang artinya
    '.....dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang berlebih-lebihan." (Q.S. Al-Araf:331)


    Dalam menghemat uang, kita dianjurkan untuk menabung. Dengan menabung , berati kita berhemat untuk masa depan. Sedikit0-sedikit dikumpulkan lama-lama menjadi banyak dan akan terasa manfaatnya. Apakah kamu juga mempunyai tabungan? Dimana kamu menabung? Hemat bukan dalam hal penggunaan uang saja. Hemat juga bisa kammu lakukan dalam pengguaan barang-baranglain, misalnya penggunaan alat tulis, buku tulis, buku gambar harus sesuai keperluan. Sebaiknya jangan melakukan pemborosan.
    Begitu juga dalam mengguanakan waktu. Untuk menghemat waktu, sebaiknya kita mengerjakan setiap pekerjaan dengan cermat, tepat waktu, dan benar. Dengan demikian tidak membuang-buang waktu. Suatu pekerjaan yang dapat kita kerjakan hari ini jangn ditunda sampai besok.



D. Rendah Hati
    Rendah hati merupakan sifat tidak menyombongkan diri. Sifat rendah hati dapat dilakukan dalam ucapan maupun dalam tingkah laku. Tahukah kamu bagimana ciri orang yang bersiafat rendah hati? Orang yang rendah hati biasanya tidak suka membanggakan diri dan tidak meremehkan orang lain. Tahukah kamu, bahwa setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan?Oleh sebab itu, sebaiknya kita salng menghargai.
    Orang yang tinggi hati atau sombong akan ditinggalkan teman-temannya. Tentunya, kami tidak suka dicela bukan? Bagaimana sikapmu, jika ada temanmu yang selalu membicarakan kekayaannya dan menghina teman yang kurang mampu? Di dalam pergaulan, kita harus pandai-pandai menempatkan diri. Jika kita kaya, janganlah merendahkan orang miskin. Jika kita pandai jangan merendahkan orang bodoh. Jadi, janganlah ingin menang sendiri, karena kita pun pasti mempunyai kelemahan atau kekurangan.
    Rasulullah saw banyak memberikan contoh bagaimana kita harus bersikap rendah hati. Pernakah kamu mendengar atau membaca cerita berikut?


       Pada waktu itu kota Mekkah jatuh di tangan kaum muslimin (Fathul Mekkah),kaum kafir Quraisy sudah tak berdaya. Jika Rasulullah menginginkan mereka binasa, maka dengan mudah dapat dibinasakan. Namun demikian beliau tidak memiliki sifat sombong dan dendam. Oleh karena itu, kaum Quraisy diperlakukan dengan baik. Beliau tidak sombong atas kemenangan yang diperolehnya beliau sangat menghargai kaum Quraisy walaupun dahulu mereka pernah memusuhi Rasulullah. Rasulullah memiliki keyakinan bahwa kemenangan dan keuntungan itu semata-mata kehendak Allah swt.
   

    Apa komentarmu tentang cerita di atas? Orang yang memiliki sifat rendah hati akan bijaksana. Apabila ia mendapat kesenangan senantiasa ingat kepada Allah swt. Dia akan bersyukur, dan tidak sombong. Apabila mendapat pujian,maka pujian itu akan dikembalikan kepada Allah swt. Setiap kali mendapat kebahagiaan akan mengucapkan, " Alhamdulillahi rabbi'alamin." Artinya : "Segala puji hanyalah milik Allah."
    





 

0 Response to "Sifat-Sifat Terpuji - Kelas 5 sd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel