--> .

Zakat Fitrah - Kelas 5 SD

Zakat Fitrah - Kelas 5 SD



     Manusia disebut juga makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berhubungan dengan orang lain. Manusia membutuhkan bantuan orang lain, demikian pula orang lain pasti membutuhkan bantuannya. Oleh sebab itu dalam kehidupan sosial/kemasyarakatan manusia harus menjalin hubungan yang baik dengan sesamanya. Wujud hubungan baik denngan sesamanya antara lain dengan cara saling menolong atau saling membantu. Agama islam mengajarkan pada kita untuk saling tolong. Banyak sekali cara untuk menolong orang, diantaranya dengan zakat.

A.  Pengertian Zakat Fitrah
   
    Tahukah kamu apa yang disebut zakat fitrah? Zakat fitrah merupakan zakat berupa makanan pokok yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang islam dewasa maupu anak-anak pada setiap menjelang Idul Fitri.
    Zakat fitrah disebut juga zakat nafs,yaitu zakat mengenai diri. Maksudnya adalah untuk menyucikan udiri. Biasanya zakat fitrah diberikan kepada fakir miskin atau orang yang tidak mampu.

B.   Ketentuan Zakat Fitrah  
   Zakat fitrah dikeluarkan menjelang Idul Fitri, sehingga ketika kita keluar pada pagi hari Idul Fitri kita sudah dalam keadaan suci. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa zakat fitrah itu sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dan dibayarkannya sebelum shalat Idul Fitri. Dari Ibnu Abbas, berkata yang artinya; "Telah diwajibkan oleh Rasulullah saw zakat fitrah pembersih bagi orang berpuasa dan memberi makan bagi orang miskin,barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat hari raya, maka zakat itu diterima, dan barang siapa membayarnya sesudah shalat, maka zakat sebagai seedekah biasa.

1.    Syarat Wajib Zakat Fitrah 
    Tidak semua orang Islam mempunyai kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Mereka yang wajib membayar  zakat fitrah adalah yang memenuhi beberapa persyaratan.  Apa saja itu? Persysratan wajib zakat fitrah adalah:
- orang islam
- maasih hidup sewaktu terbenam matahari penghabisan Ramadhan, dan
- mempunyai  kelebihan harta dari keperluan makanan untuk dirinya sendiri dan keluarganya


2.    Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Hukumnya
   Kapan kita dapat mengeluarkan zakat fitrah? Ada beberapa pilihan waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah, antara lain;
- sejak terbenam matahari pada hari terakhir bulan Ramadhan. Waktu pembayaran ini merupakan    waktu wajib.
-  awal ramadhan sampai hari terakhir bulan ramadhan. Waktu pembayaran ini merupakan waktu yang diperbolehkan.
-   sesudah subuh sebelum pagi  shalat Idul Fitri. Waktu pembayaran ini merupakan waktu sunnah (waktu yang sangat baik)


3.    Banyak Zakat Fitrah 
   Zakat Fitraah nisabnya adalah bila sudah mempunyai kelebihan makanan pada malam hari Idul Fitri dan pagi hari raya Idul Fitri baik untuk dirinya sendiri maupun untuk seluruh anggota keluarga. Jadi bila dalam keluarga kita punya persediaan makanan yang banyak,dan kita sendiri sudah cukup makan, maka orang tua kita sudah wajib memberi zakat fitrah pada fakir miskin. Tentunya kita merasa kasihan bukan, melihat fakir-miskin yang tidak punya makanan di hari raya Idul Fitri, sedangkan kita makan makanan yang enak-enak?
  Banyaknya zakat fitrah untuk setiap orang adlah 3,1 liter atau 2,5 liter beras , gandum,atau makanan pokok lain di daerah/negeri tertentu. Zakat fitrah boleh juga ditukar dengan uang seharga beras,gandum atau makanan pokok dengan harga yang berlaku waktu itu. Bagaimana dengan keluargau? Apa yang biasanya untuk mambayar zakat fitrah?



c.    Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah
    Siapa saja yang berhak menerima zakat? Orang yang berhak menerima zakat fitrah disebut mustahiq. Adapun mustahiq itu ada 8 golongan  
1.   Fakir , yaitu orang yang tidak mempunyai harta dan usaha , atau  mempunyai harta/ usaha tetapi penghasilannya tidak mencukupi separuh dari keperluan hidupnya, dan tidak ada orang yang berkewajiban memberinya belanja.

2.  Miskin , yaitu  orang yang memiliki harta atau dapat berusaha tetapi hasil yang diperolehnya tidak mencukupi kebutuhan pokok hidupnya sehari-hari.

3.  Amil, yaitu mereka yang bekerja menguru zakat.

4.  Mualaf, yaitu orang yang baru masuk islam.

5.  Hamba sahaya , yaitu  hamba sahaya yang dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya. Ia diberi zakat untuk menebus dirinya.

6.  Gorim , yaitu orang yang berhutang karena menjamin orang lain sedangkan  dia dan yang dijaminnya tidak dapat membayar hutang tersebut.

7.   Ibnu Sabil (musafir) , yaitu orang yang berjalan jauh untuk menuju kebaikan dan kehabisan bekal dalam perjalanan, seperti orang yang menuntut ilmu dan sebagainya.

8.  Sabilillah, yaitu orang yang berjuang untuk perkembangan agama islam.


D.      Manfaat Zakat Fitrah
    Kita sudah tahu apa yang dimaksud zakat fitrah. Kita juga sudah tahu ketentuan-ketentuan dalam membayarnya. Lalu, apakah manfaat zakat fitrah itu? Zakat fitrah memiliki beberapa manfaat antara lain:
1.  memberi bantuan kepada orang lain yang berkurang (miskin ), terutama pada hari raya Idul Fitri agar orang miskin dapat bergembira.

2.  membersihkan jiwa dari sifat kikir ( bakhil ) dan sifat-sifat tercela lainnya.

3.  mendidik  sifat mulia dan pemurah agar tertanam dalam diri kita.

4.  sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang dikaruniakan Allah swt
  
 

 

0 Response to "Zakat Fitrah - Kelas 5 SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel