--> .

Menghayati Kalimat Tayyibah Hamdalah - Buku guru kelas 2SD kurikulum 2013

 Menghayati Kalimat Tayyibah Hamdalah - Buku guru kelas 2SD kurikulum 2013


Apakah kamu tahu kalimat tayyibah? Bagaimana bunya kalimat tayyibah hamdalah?

Kalimat tayyibah adalah kalimat yang baik untuk diucapkan,. ketika kita membaca kalimat tayyibah setiap hari. Membaca kalimat tayyibah akan mendapat pahala. Ada beberapa macam kalimat tayibah, Seperti Basmallah, Hamdalah, Takbir, Tasbih, dan sebagainya. Apakah kamu sudah hafal salah satu kalimat tayyibah? Jika belum perhatikan gurumu menjelaskan meterinya yyyaaaaaaaaaaaa.????

A. Pengertian Kalimat Tayyibah Hamdallah

Kalimat tayyibah hamdalah yaitu istilah lain yang digunakan untuk kalimat alhamdullah. Secara lebih lengkapnya adalah Alhamdullahi rabbil alamin. kalimat hamdalah juga disebut dengan bacaan tahmid. Kalimat hamdalah secara lengkapnya sebagai berikut :

الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

Arinya:"Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam" 

Kata hamdalah berasal dari Al-hamdu yang mempunya arti pujian. Kata pujian biasanya diucapkan secara lisan kepada orang yang dituju sekalipun orang yang bersangkutan tidak memberi kebaikan kepada yang memujinya. Misalnya, kita memuji seseorang karena prilakunya yang baik atau pandai, pujian tersebut bukan karena orang itu telah berbuat baik, namun memang dia layak mempeoleh pujian itu karena sifat-sifat yang dimilikinya.

Baca Juga : Contoh soal Menghayati Kalimat Tayyibah

Kalimat hamdalah merupakan sebuah pujian yang di tujukan kepada Allah yang artinya segala puji bagi allah. Hanya Allah yang berhak memperoleh pujian. Allah merupakan zat yang maha menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Semua ciptaan Allah terpuji. Allah menciptakan semua dunia dengan baik dan sempurna. Maka dari itu, jika kita memuji seseorang karena kepandaian atau kebaikannya, maka kebaikan dan kepandaian itu berasal dari Allah. Dengan demikian pujianitu akan kembali kepada Allah, sehingga segala pujian hanya tertuju kepada-Nya.

Selain itu kalimat tayyibah hamdalah dilengkapi dengan rabbil'alamin yang artinya Tuhan pemelihara alam semesta. Allah bukan hanya mencipta alam semesta tetapi juga memeliharanya. Matahari, Bulan, Bintang-bintang, Langit dan bumi ukan hanya diciptakan oleh Allah tetapi juga memeliharanya dan di atur terus menerus. Alam semesta ini dapat berjalan karena Allah telah mengaturnya.

Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan keadaan sempurna. Segala kelebihan manusia merupakan pemberianAllah. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus selalu bersyukur dan mengucapkan kalimat hamdalah.

Sebagai manusia tidak boleh sombong ketika mendapat pujian. Manusia juga tidak boleh sombong atas nikmat dan pemberian Allah. Sombong merupakan sikap setan. Allah tidak menyukai orang yang sombog. Firman Allah SWT.

لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya : "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kamu akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-ku), maka sesungguhnya azab-ku sangat pedih."

B. Waktu untuk Mengucapkan Hamdalah
Kita dapat mengucapkan kalimat hamdalah setiap hari dan kapanpun. Tidak hanya saat mendapatkan nikmat, namun setiap hari dan setiap saat kita dapat mengucapkan kalimat hamdalah. 
Berikut ini waktu-waktu pengucapan kalimat hamdalah.
  1. Saat memperoleh nikmat, Misalnya kita mendapat hadiah, kabar gembira, kebaikan atau rezeki.
  2. Ketika berzikir sesudah salat membaca 33 kali.
  3. Ketika menyelesaikan pekerjaan.
  4. Ketika terhindar dari musibah.
  5. Saat kita bersin.
Selain itu, kalimat hamdalah diucapkan ketika berdoa. Doa-doa tersebut adalah:
  1. Bangun tidur kita memuji Allah dengan mengucapkan Doa-doa

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya :”Segala puji bagi allahyang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNya kami kembali”

       2. Selesai makan dan minum kita memuji Allah dengan mengucapkan doa

مُسْلِمِيْنَ وَجَعَلَنَا وَسَقَانَا اَطْعَمَنَا الَّذِىْ للهِ اَلْحَمْدُ

Artinya : “ Segala puji bagi allah yang memberikan makan dan minum kepada kami, dan menjadikan kami orang islam”

 


0 Response to "Menghayati Kalimat Tayyibah Hamdalah - Buku guru kelas 2SD kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel