--> .

Memahami Asmaul Husna Allah - Sd Kelas 2 Kurikulum 2013

 Memahami Asmaul Husna Allah - Sd Kelas 2



Sudahkah kamu tahu Asmaul Husna? Apa itu asmaul Husna?

Asmaul Husna yaitu nama-nama milik Allah. Asmaul Husna berjumlah 99. Menghafal Asmaulhusna akan mendapatkan pahala. sebagai seorang muslim kita harus bisa menghafalnya. Pada pembelajaran kali ini kita akan bahas tiga Asmaul Husna Allah. Asmaul husnah yang akan kita bahas, yaitu Ar-Razzaq, Al-Hamid, dan Asy Syukur. Sudah siapkah kamu untuk mempelajari mater asmaul husna? Ayo kita pelajari materi berikut!

A. Pengertian Asmaul Husna

Kata Asmaul Husna Berasal dari Asma dan Husna.

Asma artinya nama, Sedangkan Husna artinya Baik. Jadi Asmaul husna adalah nama-nama baik yang agung sesuai dengan sifat-sifat Allah, sebagai bukti dan keagungan dan kemulian-nya. Asmaul Husna berjumlah 99.

Menghafal 99 Asmaul Husna akan dimasukkan kedalam surga. Seperti yang dijelaskan Nabi Muhammad saw. Dalam hadisnya: "Sesungguhnya Allah Mempunyai sembilan puluh sembilan nama, Yaitu Seratus kurang satu, barang siapa menghafalnya niscaya ia akan dimasukkan kedalam surga."(HR. Imam Bukhari).

Aslaul husnah harus kita hafalkan. Menghafal Asmaul Husna menjadi bukti juga bahwa kita telah mengagungkan Allah.

B. Ar-Razzaq

Ar-Razzaq artinya Allah maha pemberi Rezeki. Allah adalah Zat yang menentukan dan memberi Rezeki kepada semua mahluk ciptaannya. Manusia, binatang, tumbuhan baik yang di darat maupun di laut semuanya memperoleh rezeki dari Allah. Allah telah menjamin rezeki seluruh binatang yang ada di permukaan dan di perut bumi.

Allah swt. juga selalu memenuhi setiap kebutuhan manusia. Baik itu beriman maupun orang kafir. Rezeki yang kita terima datangnya dari Allah.sudahkah kamu tahu rezeki itu? Rezeki adalah semua pemberian yang berasal dari Allah yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Rezeki yang diberikan oleh Allah kepada manusia sangat banyak antara lain pakaian, makanan dan minuman, papan rumah, pekerjaan, udara segar dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai seorang muslim kita harus sadar dan yakin bahwa yang menjamin rezeki adalah Allah swt. Harus disadari bahwa jaminan rezeki yang dijanjikan oleh Allah kepada mahluk-Nya bukan berarti diberikan tanpa usaha. Manusia harus tetap berusaha untuk memperoleh rezeki dari Allah swt. Tanpa usaha rezeki yang dijanjikan Allah swt, tidak akan datang. Karena Allah sudah menentukan ukuran dan jumlah rezeki yang akan diberikan kepada mahluk-Nya. Manusia harus mencari dan tidak boleh berdiam diri menunggu rezeki datang.

Baca juga :

Latihan Soal Memahami Asmaul Husna Allah Sd kelas 2-K13

Setiap manusia memiliki kesempatan sama untuk memperoleh rezekinya. Namun jalan yang dilaluinya berbeda beda. Ada juga yang jalan rezekinya sama tetapi hasilnya berbeda. Allah swt. telah mengaturnya berapa dan bagaimana manusia mendapatkan rezeki.

LATIHAN Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat

1. Apakah asmaul husna itu?

Jawab: ......................................................................

2. Ada Berapa jumlah Asmaul Husna Allah swt.?

Jawab: ..................................................................

3. Apakah pengertian Ar-Razzaq!

Jawab: ...........................................................

4. Allah memberikan rejeki pada manusia untuk?

Jawab: ..................................................................

5. Siapa yag menjamin rezeki manusia, hewan, dan tumbuhan?

Jawab: .............................................................


C. Al-Hamid

Al Hamid artinya Allah Maha Terpuji. Hanya Allah yang pantas dipuji, karena Dia memiliki sifat-sifat sempurna. Allah dipuji karena kekuasaan, keagungan, keadilan-Nya. Allah dipuji karena kebaikan, kasih sayang, anugerah kekayaan-Nya yang

melimpah. Mkaka dari itu, manusia harus selalu memuji Allah swt. tidak ada yang lain yang pantas dipuji. Hanya Allah yang berhak memperoleh semua pujian. Allah swt. sama sekali tidak membutuhkan pujian. Pujian tidak akan dapat menambah keagungan dan kesempurnaan Allah. Sebaliknya cacian dan kedurhakaan tidak akan mengurangi kekuasaan dan kemutlakan Allah. Oleh karena itu, kita harus memuji Allah dalam hati. Memuji Allah melalui perbuatan. Sifat Al-Hamid Allah swt. dijelaskan dalam Surah Luqman ayat 12:

 ولقد اتينا أن الحكمة أن أشكر لله ومن يشز إنما يشكر

 التفسدے

Artinya

 " Dan sesungguhnya telah kami berikan nikmat kepada Luqman, Yaitu:" Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), Maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri ". (QS. Al Luqman: 12)

Kita harus selalu memuji Allah. Meskipun dalam keadaan suka maupun duka, keadaan sempit atau lapang, keramaian atau kesunyian, bersama orang lain atau sendirian. Di antara caranya adalah dengan banyak berzikir dan menyebut nama nama Allah, mendekatkan diri kepada Allah dan memanjatkan doa kepada-Nya. Hanya kepada Allah kita memberikan segala pujian. Kepada sesama manusia, kita hanya dibolehkan untuk saling memuji tetapi tidak boleh berlebihan.

Selain itu kita harus berusaha menjadi orang yang bertingkah laku terpuji. Banyak ciri-ciri orang terpuji yang dapat kita teladani. Ciri-ciri tersebut, antara lain:

1. menjunjung tinggi persaudaraan,

2. bertutur kata baik, lemah lembut dan santun,

3. menjunjung tinggi kebenaran,

4. menghindari kemaksiatan dan kemungkaran,

5. menjauhi kebohongan dan kesombongan,

6. menjauhi tindak kejahatan.

D. Asy-Syakur

Asy Syakur artinya Allah Maha Menerima Syukur. Allah Maha menerima perbuatan hamba-Nya yang sedikit dengan memberinya imbalan yang banyak. Sesungguhnya Allah menamakan dirinya Asy-Syakur karena Dia senantiasa memberi pahala kepada hamba-hamba-Nya yang bersyukur. Allah akan melipatgandakan nikmat jika hamba-Nya mau bersyukur. Kita wajib bersyukur atas nikmat yang telah diterima, baik kenikmatan jasmani maupun rohani.

Banyak nikmat yang diberikan Allah kepada kita yang tidak mungkin bisa dihitung. Semua pemberian itu harus kita syukuri. Allah sangat mencintai orang-orang yang pandai bersyukur. Allah akan menambah nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada kita apabila kita mau mesnyukurinya. Sebaliknya jika kita mengkufuri nikmat-nikmat Allah, maka ketahuilah bahwa siksa Allah itu amat pedih.

Sebagai orang yang beriman kita harus selalu mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Sekecil apapun nikmat yang telah dinugerahkan kepada kita hendaknya dimanfaatkan sebaik baiknya. Kita tidak boleh menyia-nyiakan nikmat Allah sehingga tidak ada manfaatnya bagi kehidupan. Jika kita mendapatkan sesuatu dari teman, tetangga atau saudara kendaklah mengucappkan terima kasih. Ucapan terima kasih akan membuat orang yang memberi kita akan senang. Ada beberapa manfaat jika kita mau mensyukuri pemberian Allah. Manfaat jika kita selalu bersyukur kepada Allah swt. antara lain:

1. mendapat pahala,

2. ditambah rezekinya oleh Allah swt.,

3. mendapatkan keberuntungan,

3. hati kita menjadi tenang dan tenteram.

0 Response to "Memahami Asmaul Husna Allah - Sd Kelas 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel